Ini alasan mengapa kamu perlu menghapus cache di ponsel Android, biar ponsel nggak lemot

Ini alasan mengapa kamu perlu menghapus cache di ponsel Android, biar ponsel nggak lemot

Techno.id - Ponsel kamu terasa lambat atau mengalami masalah pada aplikasi tertentu? Biasanya hal tersebut disebabkan oleh cache.

Apa sih cache itu? Ini merupakan sistem data sementara yang digunakan untuk membantu kecepatan pemuatan ponsel Android dan aplikasinya.

Pada tingkat dasar, cache adalah cara bagi ponsel mengingat hal-hal tertentu yang pernah dilakukan sebelumnya sehingga dapat melakukannya lebih cepat di lain waktu.

Bisa dibilang cache adalah bagian sederhana namun penting dari sistem yang memastikan perangkat kamu berjalan dengan lancar dan cepat saat kamu membutuhkannya. Namun, terkadang kamu perlu membersihkan cache untuk memperbaiki masalah atau untuk mempercepat kerja ponsel.

Sistem cache pada ponsel Android dirancang untuk menyimpan informasi tertentu, seperti gambar atau data situs web, sehingga saat kamu kembali ke situs web atau aplikasi yang sama di kemudian hari, ponsel dapat dengan cepat mengambil informasi tersebut dari cache daripada harus mengunduhnya lagi.

Jika beberapa aset di situs atau aplikasi jarang berubah, maka aset tersebut dapat dimuat dari cache, sehingga membuka aplikasi atau situs web menjadi lebih cepat daripada menggunakan sinyal selular untuk mengunduh semuanya dari awal.

Cache dapat digunakan untuk berbagai macam hal. Jika kamu sering mendengarkan daftar putar Spotify lama yang sama misalnya, daftar putar tersebut dapat disimpan di cache untuk memastikan kamu dapat langsung mendengarkannya lagi di lain waktu. File cache bersifat unik untuk aplikasi tertentu di ponsel dan tidak dibagikan ke semua aplikasi.

Situs, aplikasi, dan game yang berbeda akan menggunakan file cache untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan dan memastikan ponsel kamu berjalan dengan lancar.

Tentu saja, hal ini dapat menimbulkan beberapa efek lain pada perangkat. Jika kamu memiliki banyak aplikasi yang berbeda yang terinstal dan masing-masing aplikasi tersebut menyimpan data dalam cache, maka hal ini akan segera menyebabkan penyimpanan ponsel kamu penuh.

Tapi kamu dapat menghapus cache secara manual untuk setiap aplikasi jika kamu mengalami masalah dengan aplikasi tertentu. Namun, hal ini dapat memperlambat aplikasi pada saat kamu menggunakannya lagi hingga aplikasi tersebut kembali menyimpan data tertentu. Lantas bagaimana cara menghapus cache? Berikut techno.id sajikan caranya.

(brl/red)