Google Chrome sekarang memiliki pintasan AI Gemini, ketik prompt dari tab mana pun

Google Chrome sekarang memiliki pintasan AI Gemini, ketik prompt dari tab mana pun

Techno.id - Saat ini Microsoft mendorong platform AI Copilot bisa disematkan di seluruh Windows dan semua aplikasi desktop dan selularnya. Strategi serupa kini juga dilakukan Google. Saat ini, Asisten AI Google Gemini telah beralih ke ponsel cerdas sebagai semacam pengganti Asisten Google. Bahkan kini juga tersedia dalam versi web, dengan tingkat tertinggi Google One membuka model Gemini Advanced yang lebih canggih. Sekarang, kamu dapat berbicara dengan alat AI ini dari mana saja di dalam Chrome.

Google mengumumkan bahwa Chrome mendapatkan pintasan Gemini baru yang dapat diakses di mana saja di dalam browser. Jika kamu ingin berbicara dengan Gemini, yang perlu kamu lakukan hanyalah membuka bilah alamat dan mengetik @ gemini.

Kemudian, kamu harus mengetikkan perintah yang ingin diketik, dan saat kamu menekan enter, sesi Gemini akan dimuat di browser dalam percakapan baru dengan perintah yang kamu minta. Dengan asumsi kamu masuk ke akun Google, hal itu akan berfungsi dengan lancar.

Google Chrome sekarang memiliki pintasan AI Gemini, ketik prompt dari tab mana pun foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Memang opsi ini tidak sedalam integrasi seperti yang dimiliki Microsoft dengan Edge dan Copilot, tetapi setidaknya menyelamatkan kamu dari membuka aplikasi web terlebih dahulu.

Namun semua permintaan yang dilakukan melalui pintasan browser diumpankan ke model bahasa Gemini reguler Google, terlepas dari apakah kamu memiliki akses ke Gemini Advanced atau tidak. Jadi jika kamu memiliki akses ke Gemini Advanced, maka setiap kali kamu menggunakan pintasan Chrome, sesi browser akan secara otomatis beralih ke Gemini tepat sebelum prompt benar-benar dibuat.

Namun, dalam beberapa kasus, ini mungkin hal yang baik. Agaknya, kamu akan menggunakan pintasan ini untuk permintaan yang lebih santai atau cepat, dan meskipun Gemini Advanced mungkin lebih baik untuk tugas yang lebih kompleks yang membutuhkan lebih banyak pemikiran.

Google Chrome sekarang memiliki pintasan AI Gemini, ketik prompt dari tab mana pun foto: techno.id/yani andriyansyah

Pintasan ini masih sedikit robotik dan terlalu banyak berpikir. Jika kamu menginginkan jawaban yang lugas, mungkin akan baik-baik saja dengan Gemini biasa sebagai model pilihan pertama untuk pintasan ini, tetapi jika menginginkan model yang lebih canggih, kamu harus masuk ke situs web secara manual untuk saat ini. Kini pintasan sedang diluncurkan, jadi pastikan untuk terus memperbarui aplikasi kamu.

(brl/red)