Google Gemini Ultra bakal segera mendukung fitur AI di ponsel OnePlus dan Oppo

Google Gemini Ultra bakal segera mendukung fitur AI di ponsel OnePlus dan Oppo

Techno.id - OnePlus dan Oppo dikabarkan telah bermitra dengan Google untuk menghadirkan fitur AI bertenaga Gemini Ultra ke ponsel mereka. Ya, fitur AI di ponsel cerdas saat ini terus menjadi perbincangan. Setelah Samsung membekali fitur AI pada Galaxy S24 Series, tampaknya sejumlah pemain besar lainnya seperti Apple juga tidak mau ketinggalan. Kabarnya, Apple juga sedang berupaya untuk bekerjasama dengan Google untuk kemajuan perangkat AI di iPhone sebelum menggunakan AI sendiri.

Namun, pembuat ponsel pintar Android telah memimpin dalam hal menambahkan AI ke ponsel mereka. Kini dikabarkan OnePlus dan Oppo mengumumkan kolaborasi mereka dengan Google untuk mengintegrasikan fitur AI bertenaga Ultra Gemini ke dalam perangkat mereka. OnePlus juga baru-baru ini menambahkan alat penghapus foto berbasis AI untuk foto ke ponselnya.

Gemini Ultra adalah model AI Google yang paling kuat hingga saat ini. Gemini tersedia dalam tiga ukuran, Gemini Nano, yang merupakan versi terkecil dari model AI dan berjalan secara native di ponsel seperti Pixel 8 Pro. Lalu ada juga Gemini Pro, yang digunakan Samsung untuk seri Galaxy S24. Sedangkan Gemini Ultra, model AI Google yang paling kuat.

Google Gemini Ultra bakal segera mendukung fitur AI di ponsel OnePlus dan Oppo foto: oppo

Meskipun spesifikasi kolaborasi ini belum jelas seperti apa, OnePlus dan Oppo mengatakan fitur AI pertama mereka, yang didukung Gemini Ultra, akan debut akhir tahun ini. Kemungkinan Gemini Ultra akan eksklusif untuk perangkat andalan dan premium yang dirilis OnePlus dan OPPO, seperti OnePlus 12, 12R, Oppo Find X7 Ultra, dan kemungkinan OnePlus Open 2 yang akan datang.

OnePlus juga bermitra dengan Google untuk menghadirkan fitur berbasis Cloud AI ke perangkatnya. Ini berarti ponsel OnePlus yang akan datang akan dapat menggunakan AI untuk tugas-tugas seperti meringkas artikel berita, meringkas audio, dan banyak lagi, mirip dengan ponsel andalan lainnya saat ini.

(brl/red)