Ini 5 perbedaan antara modem dan router, perangkat punya fungsi serupa tapi tak sama

Ini 5 perbedaan antara modem dan router, perangkat punya fungsi serupa tapi tak sama

Techno.id - Di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi, akses internet menjadi kebutuhan esensial bagi kebanyakan orang. Dalam upaya untuk mendapatkan koneksi internet yang stabil dan efisien, dua perangkat kunci yang seringkali digunakan yaitu modem dan router.

Meskipun keduanya sering dianggap sebagai alat yang sama, banyak orang masih belum sepenuhnya memahami perbedaan diantara keduanya. Dalam artikel ini, Techno.id akan menjelajahi 5 perbedaan utama antara modem dan router, Senin (04/12).

1. Fungsi utama

Ini 5 perbedaan antara modem dan router, perangkat punya fungsi serupa tapi tak sama foto: freepik/rawpixel.com

Modem

Modem merupakan singkatan dari Modulator-Demodulator. Fungsi utamanya adalah menghubungkan sinyal modem dengan jaringan internet. Sebaliknya, juga menghubungkan sinyal dari modem ke perangkat komputer atau router menggunakan jaringan kabel ethernet.

Router

Router, di sisi lain bertanggung jawab untuk mengarahkan lalu lintas data di antara berbagai perangkat di dalam jaringan. Ini membuatnya menjadi perangkat yang kritis dalam mendistribusikan koneksi internet ke berbagai perangkat di rumah atau kantor.

2. Hubungan dengan ISP

Ini 5 perbedaan antara modem dan router, perangkat punya fungsi serupa tapi tak sama foto: freepik/ilin_sergey

Modem

Modem terhubung langsung ke penyedia layanan internet (ISP). Ini adalah perangkat yang menerima sinyal internet dari ISP dan membuatnya dapat digunakan perangkat di dalam jaringan lokal.

Router

Router tidak terhubung langsung ke ISP. Sebaliknya, router menerima sinyal internet dari modem dan mendistribusikannya ke berbagai perangkat di dalam jaringan.

3. Pengaturan jaringan

Ini 5 perbedaan antara modem dan router, perangkat punya fungsi serupa tapi tak sama foto: freepik

Modem

Modem memiliki tugas utama untuk menyediakan akses internet. Namun, tidak memiliki kemampuan untuk mengelola lalu lintas data di antara perangkat di dalam jaringan lokal.

Router

Router memungkinkan pengguna mengatur keamanan jaringan, mengonfigurasi pengaturan WiFi, dan mengelola lalu lintas data di antara perangkat di dalam jaringan.

4. Alamat IP

Ini 5 perbedaan antara modem dan router, perangkat punya fungsi serupa tapi tak sama foto: freepik

Modem

Modem umumnya hanya memiliki satu alamat IP publik dari ISP. Ini berarti bahwa hanya satu perangkat yang dapat terhubung langsung ke internet melalui modem.

Router

Router memiliki kemampuan untuk menetapkan alamat IP unik kepada setiap perangkat yang terhubung di dalam jaringan lokal. Ini memungkinkan beberapa perangkat untuk berbagi koneksi internet yang sama.

5. Wireless connectivity

Ini 5 perbedaan antara modem dan router, perangkat punya fungsi serupa tapi tak sama foto: freepik

Modem

Modem biasanya tidak memiliki kemampuan untuk menyediakan koneksi internet nirkabel (WiFi). Pengguna perlu menggunakan perangkat tambahan seperti router untuk mendapatkan akses WiFi di rumah atau kantor.

Router

Router sering dilengkapi dengan kemampuan WiFi, yang memungkinkan perangkat nirkabel untuk terhubung ke jaringan. Ini mempermudah akses internet tanpa kabel di seluruh area yang tercakup oleh sinyal WiFi.

Dengan memahami perbedaan antara modem dan router, pengguna dapat lebih mudah mengelola dan memahami cara jaringan internet mereka berfungsi. Seiring dengan perkembangan teknologi, pengetahuan ini menjadi semakin penting untuk memaksimalkan pengalaman pengguna dalam menggunakan koneksi internet.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)