Epic Games Store bakal hadir di iOS dan Android tahun ini

Epic Games Store bakal hadir di iOS dan Android tahun ini

Techno.id - Ada kabar gembira buat para gamers nih. Epic Games Store bakal hadir di iOS dan Android akhir tahun ini. Pengumuman ini disampaikan langsung GM Epic Games Store Steve Allison di GDC 2024 seperti dilansir nichegamer.com. Opsi ini sekaligus mengakhiri monopoli dua platform aplikasi dan unduhan, Google PlayStore dan Apple App Store.

Seperti diketahui, Google sebelumnya menghapus Fortnite dari Play Store. Dengan itu, kini ada dua cara untuk mendapatkan game tersebut di ponsel atau tablet Android. Pertama mengunduh aplikasi Epic Games dari Galaxy Store, lalu mengunduh Fortnite dari aplikasi tersebut.

Epic Games Store bakal hadir di iOS dan Android tahun ini foto: epic games

Yang kedua mengunduh aplikasi Epic Games dari situs web pengembang dan kemudian mengunduh Fortnite dari aplikasi tersebut. Apple juga telah menghapus Fortnite dari App Store. Sayangnya, tidak ada cara untuk mendapatkan game tersebut di iOS.

Setelah Epic Games Store hadir di Android, orang tidak perlu mengunduh aplikasi Epic Games dari Galaxy Store atau situs web pengembangnya. Mereka akan bisa mendapatkan Epic Games Store dari Play Store secara langsung, lalu mendapatkan Fortnite. Sedangkan untuk pengguna iPhone, mereka sekali lagi dapat memainkan Fortnite di perangkat mereka setelah Epic Games Store tersedia di iOS.

Epic Games pada dasarnya diblokir untuk memiliki Fortnite di App Store Apple atau Google Play Store setelah mereka menambahkan dan sistem pembayaran dalam game yang menghindari biaya 30% kedua platform, yang harus dibayar pengembang tertentu untuk pembelian dalam aplikasi.

Epic Games Store bakal hadir di iOS dan Android tahun ini foto: epic games

Meski Epic Games menggembar-gemborkan peluncuran tahun 2024 untuk Epic Games Store mereka di iOS dan Android, masih harus dilihat apakah Fortnite akan dapat dimainkan di aplikasi toko mereka.

Epic Games Store memulai debutnya pada 2018 di PC, dan telah mengumpulkan basis pengguna yang besar, sebagian besar dibantu program game gratisnya. Namun Epic Games Store berakhir tahun 2023 dengan lebih dari 270 juta pengguna di PC, dan memiliki lebih dari 75 juta pengguna aktif bulanan.

(brl/red)