Asus Republic of Gamers resmi luncurkan ROG Phone 8 Series di Indonesia, ini spesifikasi dan harganya

Asus Republic of Gamers resmi luncurkan ROG Phone 8 Series di Indonesia, ini spesifikasi dan harganya

Techno.id - Asus Republic of Gamers (ROG) resmi meluncurkan seri terbaru ROG Phone 8, Rabu (20/3). Smartphone ini diklaim sebagai awal perjalanan revolusioner sebagai penyempurna pada teknologi mobile gaming. Seri ROG Phone 8 berevolusi dari ponsel gaming murni menjadi perangkat premium berteknologi masa depan yang menjadi game-changer.

Jajaran smartphone ini hadir dengan desain lebih ramping, lebih ringan, dan bezel yang lebih tipis. Perangkat ini juga dirancang sebagai ponsel serba bisa yang Tangguh untuk para gamer, streamer, content creator dan banyak lagi. Perangkat ini dipersenjatai dengan performa terbaik bertenaga AI, desain yang premium, dan mengutamakan kepraktisan untuk penggunaan harian. Lantas apa saja yang menjadi pembaruan pada smartphone ini dibanding pendahulunya?

1. Desain

Asus Republic of Gamers resmi luncurkan ROG Phone 8 Series di Indonesia, ini spesifikasi dan harganya foto: techno.id/yani andriyansyah

ROG Phone 8 Series dirancang dengan pembaruan menyeluruh untuk menjaga statusnya sebagai ponsel gaming. Kini ROG Phone 8 Series lebih dari sekadar ponsel gaming, tetapi juga bisa menjadi perangkat harian (daily driver).

Bagaimana tidak, desain baru dirancang lebih tipis hingga 15% dibanding generasi sebelumnya, tanpa mengorbankan sistem dan performa. Ketika mobile gaming hanya identik dengan performa, ROG Phone 8 Series menepis asumsi tersebut. Desain ponsel ini menyatukan estetika dan fungsionalitas, serta terdepan dalam inovasi.

2. Performa

Asus Republic of Gamers resmi luncurkan ROG Phone 8 Series di Indonesia, ini spesifikasi dan harganya foto: asusrog

ROG Phone 8 Series memiliki prosesor Mobile Platform Snapdragon 8 Gen 3 yang tangguh, didukung RAM LPDDR5X 8533 Mbps dan penyimpanan UFS 4.0 untuk kecanggihan yang menunjang segala kebutuhan. Pengguna dapat melakukan gaming marathon tanpa overheat, karena didukung desain Konduktor Rapid-Cooling, bagian dari desain termal GameCool 8 yang canggih.

Teknologi ini mampu mengalirkan panas secara langsung dari prosesor ke penutup belakang. Selain itu, pendingin tambahan baru AeroActive Cooler X, yang dapat dipasang, kini 29% lebih kecil tetapi menawarkan efisiensi termal 1,2X lebih tinggi, mampu mengurangi suhu penutup belakang hingga 26 derajat Celcius. ROG Phone 8 Series juga telah memenuhi standar IP68 sehingga ponsel ini mampu menahan debu dan air.

3. Layar

Asus Republic of Gamers resmi luncurkan ROG Phone 8 Series di Indonesia, ini spesifikasi dan harganya foto: techno.id/yani andriyansyah

ROG Phone 8 Pro Series memiliki panel AMOLED (Samsung E6) fleksibel 6.78 inci yang baru dengan teknologi LTPO. Layar ini mendukung tingkat penyegaran adaptif. Sistem yang terdapat pada ponsel ini mampu menyesuaikan tingkat penyegaran secara otomatis mulai dari 1-120 Hz tergantung pada kinerja yang sedang berjalan untuk mengurangi konsumsi daya.

Pengguna juga dapat memilih tingkat penyegaran hingga 165 Hz untuk pengalaman gaming yang lancar, dan tingkat sampel sentuh mencapai 720 Hz untuk respons instan. Puncak kecerahan layar ditingkatkan menjadi 2500 nit, sehingga pengguna dapat bermain game atau menonton film tanpa masalah, bahkan di bawah sinar matahari.

4. Kamera berbasis AI

Asus Republic of Gamers resmi luncurkan ROG Phone 8 Series di Indonesia, ini spesifikasi dan harganya foto: techno.id/yani andriyansyah

Para gamer dan kreator kini dapat bermain dan mengeksplorasi fotografi dengan sistem kamera canggih dari ROG Phone 8 Series. Perangkat ini dibekali kamera utama dengan sensor gambar terbaru Sony 50 MP, lensa wide-angle 24mm. Sementara mode zoom 2X mengubahnya menjadi lensa prime serbaguna 50 mm, ideal untuk mode potret dan fotografi makanan.

Fotografi dan videografi akan semakin menawan dengan Stabilizer Gimbal Hybrid 6-Axis 3.0 yang menjamin video lebih halus dan foto tanpa goyangan saat bergerak. Sedangkan stabilitas video dijamin dengan perangkat keras OIS anti-goyangan dan algoritma perangkat lunak EIS ter-upgrade yang menggunakan data giroskop untuk mendeteksi gerakan.

Untuk pertama kalinya, ROG Phone 8 Series menyertakan lensa telefoto 3X yang memungkinkan pengambilan gambar dari objek berjarak jauh. Lensa ini dilengkapi dengan OIS bawaan, memberikan hasil yang jelas dan tajam, bahkan dalam kondisi pencahayaan rendah dengan mode Fotografi Malam.

Selain itu perangkat ini juga dibekali teknologi Asus HyperClarity dengan menggunakan file yang tidak diproses (RAW), menampilkan setiap detail dalam foto dengan jelas, serta memberikan gambar yang lebih jelas bahkan pada zoom hingga 30X. Selama pengambilan video, kamera telefoto menggunakan EIS adaptif untuk memberikan hasil yang stabil dengan zoom hingga 10X.

Kamera ultrawide 13 MP ini dilengkapi dengan lensa free-form dan algoritma terkini untuk mengurangi distorsi lensa. Kamera ini mampu menghasilkan gambar yang menakjubkan namun tetap alami. ROG Phone 8 Series memberikan kualitas dan kejernihan yang luar biasa dalam setiap foto dan perekaman.

Yang tidak kalah penting, kamera selfie ultrawide depan 32 MP memiliki bidang pandang (FoV) yang ditingkatkan dari 73 menjadi 90 sehingga sempurna untuk selfie grup. Lensanya dilengkapi dengan sensor RGBW yang memastikan gambar bersih dengan lebih sedikit noise, bahkan dalam kondisi cahaya rendah.

Selain itu, perangkat ini juga disematkan teknologi OZO Audio memberikan pengguna pilihan untuk menghilangkan suara angin agar rekaman di luar ruangan menjadi jelas, atau menangkap audio spasial 3D Surround yang imersif dan berkualitas tinggi.

(brl/red)