Elon Musk mengumumkan X akan segera memiliki pencarian semantik, ini fungsinya

Elon Musk mengumumkan X akan segera memiliki pencarian semantik, ini fungsinya

Techno.id - Dalam beberapa tahun terakhir, X yang dulu bernama Twitter telah dikritik karena kurangnya fungsi pencarian yang efektif. Pengguna sering mengalami kesulitan menemukan tweet yang mereka cari, sekalipun mereka mengetahui kata kuncinya. Hal tersebut disebabkan karena mesin pencari Twitter didasarkan pada kata kunci, dan tidak memperhitungkan arti dari tweet tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Elon Musk, CEO X dalam sebuah cuitan berencana meningkatkan fungsionalitas pencarianX dengan menambahkan pencarian semantik. Menurutnya pencarian semantik akan memudahkan pengguna menemukan tweet yang mereka cari, sekaligus akan membantu meningkatkan kualitas hasil pencarian Twitter.

Apa yang dimaksud dengan pencarian semantik?

Pencarian semantik adalah jenis pencarian yang memperhitungkan arti kata-kata dalam kueri. Hal ini berbeda dengan pencarian kata kunci tradisional, yang hanya mencocokkan kata kunci dengan dokumen.

Pencarian semantik menggunakan pemrosesan bahasa alami (natural language processing/NLP) untuk memahami arti kata-kata dalam kueri, dan mengembalikan hasil yang relevan dengan maksud pengguna.

Sebagai contoh, jika pengguna mencari kata kucing, mesin pencari semantik akan memahami bahwa pengguna tertarik dengan semua hal yang berhubungan dengan kucing, bukan hanya kata kucing.

Mesin pencari akan mengembalikan hasil yang mencakup informasi tentang berbagai jenis kucing, perawatan kucing, pelatihan kucing, dan taman kucing.

(brl/red)