Bocoran iPhone 16 mengisyaratkan peningkatan baterai, hadir dengan cangkang logam

Bocoran iPhone 16 mengisyaratkan peningkatan baterai, hadir dengan cangkang logam

Techno.id - Kabar mengenai iPhone 16 makin mencuat di kalangan tech enthusiast. Terlepas dari informasi fitur dan desain yang menjadi perhatian Apple Fanboy, belum lama ini seorang pembocor bernama Kosutami lewat akun X (sebelumnya Twitter) miliknya membagikan gambar-gambar baterai prototipe "tahap awal" yang kabarnya diperuntukkan bagi iPhone 16 Pro.

Ini adalah sesuatu yang belum pernah dilihat sebagian besar pemilik iPhone.Tetapi baterai iPhone 16 Pro tampaknya akan terlihat sangat berbeda dengan yang ditemukan pada model saat ini.

Dalam gambar yang dibagikan Kosutami, meskipun Apple mempertahankan bentuk L yang secara tradisional ditemukan di handset, baterai tersebut hadir dengan cangkang logam dan bukan foil seperti yang sebelumnya.

Baterai iPhone 16 Pro prototipe tahap awal ini memiliki cangkang logam mengkilap, kapasitas 3355mAh (13.02Wh), LCV 4.48V (Tegangan Pengisian Terbatas). Baterai prototipe tahap awal ini juga mengubah beberapa desain, dari permukaan mengkilap menjadi cangkang logam buram, dengan konektor yang didesain ulang.

Dengan asumsi prototipe itu nyata, tujuan penggunaan logam tampaknya untuk mengatasi peningkatan panas. Karena logam akan membantu mendistribusikan panas daripada memusatkannya. Bisa jadi langkah Apple ini diambil mengingat laporan awal terhadap unit iPhone 15 Pro yang menjadi sangat panas. Boleh jadi menggunakan logam akan disambut baik.

Banyak orang mungkin akan berasumsi bahwa peralihan ke bahan logam akan membuat ponsel menjadi lebih berat, tetapi tidak perlu khawatir. Seperti yang ditunjukkan MacRumors, Apple telah membuat peralihan baterai pada perangkat sandangnya kembali dengan Apple Watch 7 berukuran 41mm.

Bocoran iPhone 16 mengisyaratkan peningkatan baterai, hadir dengan cangkang logam foto: ifixIt

Sementara gambar yang dilansir iFixIt di atas, menunjukkan perbedaan antara versi foil pada Watch 45mm (kanan) dan versi logam dari versi 41mm (kiri). Bisa dikatakan, keduanya terasa ringan di pergelangan tangan, dan Apple Watch 7 aluminium 41mm hanya 1,5 gram lebih berat dari pendahulunya yang 40mm, meskipun juga memiliki layar yang sedikit lebih besar.

Kosutami, yang sebelumnya membagikan prototipe HomePod dengan layar, juga mengungkapkan spesifikasi baterai iPhone 16 Pro, dan kapasitasnya sedikit lebih tinggi dari versi tahun ini. Dilaporkan memiliki daya 3.355mAh, meningkat sekitar 2,5% lebih tinggi dari kapasitas 3.274mAh saat ini.

Mungkin peningkatan tersebut tidak terlalu signifikan. Namun dengan layar yang tidak terlalu boros daya dan chipset A18 Pro yang akan datang yang lebih efisien, bisa jadi peningkatan itu justru dinilai signifikan.

Bocoran iPhone 16 mengisyaratkan peningkatan baterai, hadir dengan cangkang logam foto: macrumors.com

Bocoran mengenai baterai tersebut adalah rumor awal pada iPhone 16 yang yang diperkirakan akan diluncurkan September 2024. Sebagian besar pembicaraan awal menyangkut model premium, dengan handset Pro dan Pro Max dilaporkan memiliki layar yang lebih besar dan pembesaran kamera yang lebih kuat berkat jenis lensa baru.

Ada juga kabar yang menyebutkan bahwa Apple akan memperkenalkan tombol kapasitif lain untuk semua handset iPhone 16, yang tampaknya didedikasikan untuk fotografi. Tunggu saja gebrakan Apple.

(brl/red)