iPhone kamu menjadi lebih panas? Jangan panik, ketahui penyebab dan cara mengatasinya

iPhone kamu menjadi lebih panas? Jangan panik, ketahui penyebab dan cara mengatasinya

Techno.id - Panas yang berlebihan tidak baik untuk iPhone. Sebab jika kondisi tersebut dibiarkan dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan pada komponen internal iPhone, terutama pada baterai dan prosesor. Lantas, mengapa iPhone menjadi lebih panas?

Seperti kebanyakan ponsel pintar lainnya, iPhone tidak memiliki pendingin atau kipas untuk membuang panas dan menjaga suhu tetap rendah. Itulah mengapa iPhone menjadi sedikit hangat dari waktu ke waktu. Sebenarnya kondisi tersebut normal dan umumnya tidak perlu dikhawatirkan.

Namun, ada perbedaan yang signifikan antara iPhone yang hangat dan yang terlalu panas. iPhone menjadi panas ketika kamu melakukan aktivitas tertentu dalam waktu yang lama. Berikut ini beberapa penyebab iPhone menjadi terlalu panas dan bagaimana cara mencegahnya.

iPhone kamu menjadi lebih panas? Jangan panik, ketahui penyebab dan cara mengatasinya foto: freepik/rawpixel.com

1. Mengisi daya dan menggunakan iPhone secara bersamaan

Hal ini dapat menyebabkan iPhone menjadi terlalu panas, dan kamu mungkin akan menerima pesan peringatan suhu seperti Pengisian Daya Ditunda dan iPhone harus didinginkan sebelum dapat digunakan.

2. Suhu lingkungan yang tinggi

Memaparkan iPhone ke suhu tinggi, terutama sinar matahari langsung, dapat menyebabkan iPhone menjadi terlalu panas.

3. Aplikasi dan proses yang membutuhkan banyak sumber daya

Melakukan tugas berat seperti streaming video berkualitas tinggi atau menggunakan GPS dan navigasi real time dapat membebani sumber daya iPhone dan menyebabkan panas berlebih.

4. Memulihkan iPhone dari cadangan

Proses latar belakang dan transfer data seperti ini menghabiskan banyak daya pemrosesan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan iPhone menjadi terlalu panas untuk sementara.

5. Masalah perangkat lunak dan sistem

Bug perangkat lunak dan pembaruan iOS juga dapat meningkatkan penggunaan CPU dan panas.

6. Baterai yang sudah tua atau rusak

Jika kamu mendapatkan notifikasi yang menyarankan untuk mengganti baterai, tanggapi peringatan tersebut dengan serius. Buka Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai & Pengisian Daya untuk memeriksa kesehatan baterai kamu.

(brl/red)