Cara mudah membersihkan port pengisian daya iPhone, cukup gunakan tusuk gigi

Cara mudah membersihkan port pengisian daya iPhone, cukup gunakan tusuk gigi

Techno.id - Jika kamu mengalami masalah saat mengisi daya iPhone, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah port pengisian daya kotor atau tersumbat. Jika kamu bukan pengguna iPhone 15 Series, berarti port pengisian daya kamu masih berjenis lightning, bukan USB-C seperti pada iPhone 15 Series. Mungkin kamu bertanya bagaimana cara membersihkannya.

Nah, karena ini pekerjaan yang membutuhkan kehati-hatian, maka kamu harus teliti saat membersihkannya. Kamu juga membutuhkan peralatan yang sesuai agar tidak terjadi kerusakan pada komponen port lightning pengisian daya. Berikut ini cara membersihkan port lightning Phone.

Cara membersihkan port lightning iPhone

Cara mudah membersihkan port pengisian daya iPhone, cukup gunakan tusuk gigi foto: wikihow

1. Hal pertama yang harus diketahui adalah bahwa kamu membutuhkan satu peralatan sederhana untuk pembersihan ini. Yap, tusuk gigi. Alasannya, tusuk gigi yang terbuat dari kayu akan lebih aman ketimbang alat logam apa pun yang akan berisiko menggores atau merusak teknologi yang diatur dengan hati-hati di port lightning.

2. Alat yang satu ini bersifat opsional. Jika kamu memilikinya akan sangat bagus. Kamu membutuhkan pembersih yang dikemas dalam kaleng bertekanan. Fungsi alat ini untuk meniup debu yang menempel.

3. Setelah alat-alat tersebut kamu siapkan, langkah selanjutnya adalah mematikan iPhone.

4. Gunakan senter untuk melihat ke dalam port pengisian daya untuk melihat kotoran yang ada di dalamnya.

5. Jika kamu merasa itu adalah kotoran yang terlepas, maka gunakan semburan udara bertekanan yang sangat singkat ke dalam port dan lihat apakah kotoran tersebut terlepas.

Cara mudah membersihkan port pengisian daya iPhone, cukup gunakan tusuk gigi foto: wikihow

6. Jika perlu, gunakan tusuk gigi untuk mengeluarkan kotoran yang terlihat dengan sangat hati-hati. Berhati-hatilah untuk tidak menggores sisi port.

7. Jika cara ini tidak berhasil, kamu dapat mengikis sisi dalam port dengan tusuk gigi secara perlahan. Lepaskan tusuk gigi sesering mungkin untuk memeriksa apakah port sudah bersih.

Ini adalah langkah-langkah dasar yang bisa kamu lakukan di rumah. Jika merasa berhasil membersihkan penyumbatan, kamu bisa mencolokkan iPhone untuk melihat apakah bisa mengisi daya.

(brl/red)