8 Cara menghentikan panas berlebih pada iPhone untuk memperpanjang masa pakai baterai  

8 Cara menghentikan panas berlebih pada iPhone untuk memperpanjang masa pakai baterai  

Techno.id - Smartphone khususnya iPhone yang terlalu panas dapat menimbulkan masalah serius ketika terus digunakan. Karena itu ketika perangkat kamu mengalami kondisi tersebut, disarankan untuk dibiarkan agar kembali dingin.

Ada banyak alasan mengapa iPhone menjadi panas dan biasanya disebabkan beberapa faktor. Semua ponsel pintar bisa menjadi panas, tetapi penting untuk memahami perbedaan antara hangat dan panas.

Salah satu tempat yang mungkin membuat iPhone menjadi panas adalah pantai. Jangan lupa untuk lebih berhati-hati dalam melindungi iPhone dari pasir dan air asin.

Berikut beberapa cara dan penyesuaian yang dapat kamu lakukan untuk mencegah iPhone terlalu panas selama penggunaan sehari-hari dan berpotensi memperpanjang masa pakai baterai.

1. Jangan gunakan iPhone saat mengisi daya

8 Cara menghentikan panas berlebih pada iPhone untuk memperpanjang masa pakai baterai foto: freepik/rawpixel.com

Saat kamu mengisi daya, iPhone sudah bekerja keras untuk mengisi ulang baterai, sehingga berdampak menghasilkan panas. Menggunakan ponsel saat mengisi daya akan menambah beban pada prosesor dan komponen lainnya, yang dapat menyebabkan panas berlebih.

Hal ini terutama terjadi jika kamu melakukan sesuatu yang berat, seperti bermain game yang membutuhkan banyak sumber daya atau melakukan panggilan video. Kecuali dalam keadaan darurat dan kamu benar-benar harus menggunakan ponsel, sebaiknya tunggu hingga selesai mengisi daya sebelum menggunakannya lagi.

2. Nyalakan ulang iPhone

8 Cara menghentikan panas berlebih pada iPhone untuk memperpanjang masa pakai baterai foto: freepik/suwant

Metode ini mungkin terdengar umum dan seperti tidak perlu dipikirkan lagi, tetapi ini benar-benar cara perbaikan yang efektif yang membantu menyelesaikan banyak masalah perangkat saat semua cara lain gagal.

Restart dapat mengatasi gangguan atau bug sementara yang dapat menyebabkan iPhone terlalu panas. Hal ini juga dapat memberikan waktu istirahat bagi iPhone dan membantu mendinginkannya.

Untuk menghidupkan ulang iPhone, tekan dan tahan tombol Daya dan Volume Naik hingga muncul penggeser geser untuk mematikan. Kemudian, geser ke kanan dan matikan iPhone. Setelah beberapa detik, cukup tekan dan tahan tombol Daya lagi untuk menyalakannya kembali.

Kamu juga dapat meminta Siri untuk restart iPhone saya dan asisten suara akan mematikan perangkat dan menyalakannya kembali, tanpa kamu harus menahan tombol apa pun.

3. Jauhkan iPhone dari panas atau sinar matahari langsung

8 Cara menghentikan panas berlebih pada iPhone untuk memperpanjang masa pakai baterai foto: freepik/fabrikasimf

Mengekspos iPhone ke sinar matahari langsung atau panas yang ekstrem dapat menyebabkannya cepat panas, terutama jika kamu meninggalkannya di dalam mobil yang panas atau di dekat jendela yang cerah. Paparan singkat terhadap panas yang ekstrem dapat menyebabkan kerusakan, jadi penting untuk berhati-hati di mana kamu meletakkan iPhone.

Sebaiknya kamu juga tidak melakukan aktivitas berintensitas tinggi seperti bermain game atau streaming video saat cuaca panas di luar atau saat ponsel berada di bawah sinar matahari langsung karena hal ini dapat menyebabkan iPhone lebih cepat panas.

4. Gunakan pengisi daya resmi Apple

8 Cara menghentikan panas berlebih pada iPhone untuk memperpanjang masa pakai baterai foto: freepik/evprokrey

Menggunakan pengisi daya pihak ketiga yang murah dapat merusak baterai iPhone dan menyebabkannya menjadi panas. Selalu pastikan untuk menggunakan pengisi daya resmi Apple atau pengisi daya pihak ketiga berkualitas tinggi yang dilengkapi dengan sertifikasi Made for iPhone (MFi).

(brl/red)