Berkat Reels, Instagram kalahkan TikTok sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia

Berkat Reels, Instagram kalahkan TikTok sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia

Techno.id - Instagram saat ini menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia, menyalip TikTok. Pencapaian ini diraih berkat kehadiran fitur video Reels.

Aplikasi media sosial berbagi foto dan video besutan Meta ini meluncurkan versi konten video berdurasi pendeknya sendiri pada Agustus 2020. Saat diluncurkan, Reels hanya bisa berdurasi 15 detik, tetapi sekarang memungkinkan pengguna untuk memposting hingga 90 detik. Seperti video Tik Tok, video tersebut dapat dibagikan dengan siapa saja.

Meskipun Instagram menghadapi persaingan ketat dari TikTok, tampaknya pengenalan Reels membantunya melawan. Seperti dilaporkan The Standard, Instagram diunduh 767 juta kali di seluruh dunia pada tahun 2023, meningkat 20% dibanding tahun sebelumnya. Sementara TikTok diunduh 733 juta kali atau tumbuh sebesar 4% pada periode yang sama. TikTok sebelumnya menjadi unduhan paling popular secara global antara tahun 2018 dan 2022.

Berkat Reels, Instagram kalahkan TikTok sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia foto: freepik

Data tersebut dikumpulkan perusahaan intelijen pasar Sensor Tower, yang mengatakan kebangkitan Instagram kemungkinan didorong oleh popularitas fitur Reelsserta fungsi lainnya seperti berbagi foto dan fitur Stories video. Daya tarik demografis Instagram yang lebih luas juga membantu meningkatkan popularitasnya.

Menurut Sensor Tower, Instagram kini memiliki hampir 1,5 miliar pengguna aktif bulanan. Sementara TikTok lebih dari 1,1 miliar. Namun, TikTok memiliki lebih banyak pengguna aktif, yang menghabiskan rata-rata 95 menit sehari di aplikasi, dibanding 62 menit untuk Instagram.

Pada tahun 2022, Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook dan Meta, mewaspadai ancaman TikTok. Dia mengatakan aplikasi perusahaannya memiliki banyak pesaing untuk mendapatkan perhatian pengguna dan platform seperti TikTok berkembang sangat cepat.

(brl/red)