Instagram dan Facebook bakal mempersulit remaja untuk melihat konten sensitif

Instagram dan Facebook bakal mempersulit remaja untuk melihat konten sensitif

Techno.id - Meta baru-baru ini mengambil sejumlah langkah yang diperlukan untuk membuat platformnya sesuai dengan usia remaja. Setelah berkonsultasi dengan para ahli di bidangnya, Meta memutuskan untuk membuat beberapa perubahan pada platform Instagram dan Facebook.

Menurut Meta, Instagram, dan Facebook sekarang akan menempatkan remaja pada pengaturan kontrol konten yang paling ketat secara otomatis. Instagram akan menyembunyikan konten yang tidak sesuai usia meskipun dibagikan oleh seseorang yang diikuti pengguna remaja.

Meta menulis dalam sebuah posting blog, "Kami telah menerapkan pengaturan ini untuk remaja baru saat mereka bergabung dengan Instagram dan Facebook dan sekarang memperluasnya ke remaja yang sudah menggunakan aplikasi ini.

Meta memberikan contoh jika seseorang memposting tentang pemikiran mereka untuk menyakiti diri sendiri. Dari sudut pandang orang tersebut, ini akan menjadi cerita yang penting, tetapi platform akan menyembunyikannya dari pengguna remajanya karena topiknya bersifat kompleks dan mungkin tidak cocok untuk anak muda.

Instagram dan Facebook bakal mempersulit remaja untuk melihat konten sensitif foto: freepik/grinvalds

Selain itu, platform tersebut akan memblokir istilah-istilah seperti "bunuh diri"," melukai diri sendiri", dan "gangguan makan" untuk mencari remaja. Platform ini juga akan menyembunyikan hasil pencarian dan mengarahkan para remaja ke tempat-tempat yang banyak menggunakan logika untuk meminta bantuan.

Ada berbagai jenis konten yang tidak sesuai dengan usia, dan semuanya akan dihapus dari Umpan dan Cerita pengguna remaja-meskipun konten tersebut dibagikan seseorang yang mereka ikuti.

Meta mengatakan telah menghapus konten semacam itu dari umpan Reels dan Explore yang tersedia untuk remaja. Perubahan baru ini akan mulai diterapkan untuk semua pengguna Instagram dan Facebook di bawah 18 tahun dan akan diterapkan sepenuhnya dalam beberapa bulan mendatang.

(brl/red)