Instagram siap merilis aplikasi berjuluk Project 92 yang bakal menjadi pesaing Twitter

Instagram siap merilis aplikasi berjuluk Project 92 yang bakal menjadi pesaing Twitter

Techno.id - Sejak Elon Musk mengakuisisi Twitter beberapa waktu lalu, situs mikroblog ini mengalami pasang surut. Di tengah kondisi tersebut, mulai bermunculan platform alternatif yang menyamai Twitter seperti Mastodon dan Bluesky.

Belakangan muncul kabar adanya pesaing baru Twitter yang akan segera bergabung dengan Meta, perusahaan induk Instagram dan Facebook. Kepala produk Meta, Chris Cox seperti dilansir pcworld.com pihaknya meluncurkan aplikasi mandiri baru ini dalam sebuah pertemuan perusahaan yang dihadiri The Verge.

Berbasis Instagram, aplikasi ini akan berintegrasi dengan ActivityPub, protokol terdesentralisasi yang menggerakkan Mastodon. Dijuluki dengan nama kode Project 92 aplikasi baru ini akan mengambil secara otomatis informasi pengguna dari Instagram.

Instagram siap merilis aplikasi berjuluk Project 92 yang bakal menjadi pesaing Twitter foto: 91mobiles.com

Hal ini memudahkan pengguna Instagram untuk langsung bergabung dengan aplikasi yang kabarnya dinamakan Threads ini. Oh iya, Threads pernah diluncurkan Instagram namun kemudian ditutup.

Project 92 muncul di tengah perubahan besar yang terjadi di Twitter seperti pemutusan hubungan kerja (PHK) massal, bocornya data pengguna, matinya aplikasi pihak ketiga, fitur yang terus berubah, dan bug besar sejak Elon Musk mengambil alih pada Oktober 2022.

Kabarnya, Meta menciptakan Threads sebagai layanan stabil yang dapat dipercaya dalam hal keamanan, keandalan, dan kemudahan penggunaan. Instagram memang tidak memberikan informasi kapan akan merilis aplikasi ini. Namun kabar yang beredar akan dilakukan secepatnya. Tunggu saja.

(brl/red)