Cara menggunakan widget iPhone di Mac atau Macbook

Cara menggunakan widget iPhone di Mac atau Macbook

Techno.id - Memperkenalkan widget pada sistem iOS adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi sebagian pengguna perangkat Apple. Widget adalah cara untuk mengakses aplikasi penting secara mudah dengan menyesuaikan layar iPhone atau iPad. Karena itu widget terbukti berguna bagi banyak pengguna.

Namun, bagi banyak orang, pengalaman menggunakan widget di Mac sangat berbeda dengan versi selular. Apalagi selama ini lebih sedikit aplikasi Mac App Store yang menyertakan kemampuan widget. Selain itu interaktivitas pengguna dengan widget Mac jauh lebih sedikit. Namun hal itu akan berubah dengan pembaruan macOS Sonoma yang akan datang.

Namun versi beta publik untuk pembaruan sistem ini diluncurkan dengan membawa beberapa perubahan besar belum lama ini. Sebagai permulaan, sudah tidak zamannya lagi hanya menggunakan Notification Center untuk penggunaan widget.

Pengguna Mac sekarang dapat menambahkan ekstensi ini ke tampilan atau layar utama mereka, seperti halnya di iOS. Sebelum peluncuran resminya, yuk pelajari cara menggunakan fitur baru ini di macOS Sonoma beta.

Memasang widget di Mac atau Macbook

Cara menggunakan widget iPhone di Mac atau Macbook foto: unsplash/alvaro perez

Sebelum memasang widget iPhone di Mac atau Macbook, pengguna harus membiasakan diri dengan cara baru ini untuk mengatur widget desktop.

1. Di sudut kanan atas layar, klik bagian tanggal dan waktu pada bar menu.

2. Ketika Pusat Pemberitahuan, lalu pergi ke bagian bawah dan pilih tombol Edit Widget.

3. Pilih widget yang akan ditambahkan, lalu seret ke desktop.

Dengan prosedur sederhana ini, sekarang saatnya mengirim widget iPhone ke desktop. Yang penting untuk dipahami tentang fitur baru ini, pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi yang sesuai ke desktop agar dapat berfungsi.

1. Buka Pusat Pemberitahuan seperti yang diinstruksikan sebelumnya dan pilih tombol Edit Widget.

2. Setelah menu muncul, dekatkan iPhone ke Mac atau Macbook. Widget ponsel akan muncul di layar komputer.

3. Seperti widget biasa, cukup seret widget dari iPhone ke layar komputer.

(brl/red)