7 Fitur dan pembaruan terbesar iOS 17.2, ada beberapa elemen yang meningkatkan pengalaman pengguna

7 Fitur dan pembaruan terbesar iOS 17.2, ada beberapa elemen yang meningkatkan pengalaman pengguna

Techno.id - Pembaruan iOS 17.1.2 iPhone yang diluncurkan pada akhir November lalu memang tidak tidak terlalu mengejutkan karena telah melalui rilis beta sebelumnya. Namun ada beberapa elemen yang tidak terduga.

Sistem operasi iOS 17.2 menghadirkan sejumlah fitur dan perubahan baru pada iPhone untuk membuat pengalaman pengguna secara keseluruhan menjadi lebih baik. Ada beberapa fitur yang cukup menarik seperti aplikasi Jurnal, reaksi stiker di iMessage, dan banyak lagi.

Seperti semua rilis sejak kehadiran iOS 17 pada September lalu, pembaruan baru ini kompatibel dengan semua iPhone yang dirilis pada tahun 2018 atau setelahnya. Itu berarti iPhone Xs, iPhone Xs Max, dan iPhone XR dari tahun 2018, lalu iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, serta semua varian iPhone 12, iPhone 13, iPhone 14, dan iPhone 15. Ini juga termasuk model iPhone SE generasi kedua dan ketiga. Lantas apa saja fitur dan pembaruan yang dibawa pada iOS 17.2? Yuk Simak penjelasannya.

1. Aplikasi Jurnal

7 Fitur dan pembaruan terbesar iOS 17.2, ada beberapa elemen yang meningkatkan pengalaman pengguna foto: unsplash/smartmockups/makeuseof.com

Aplikasi Jurnal adalah salah satu fitur iOS 17 terbesar yang diumumkan Apple pada WWDC 2023. Tujuannya adalah untuk membantu pengguna merefleksikan kesehatan mental dengan membuat entri jurnal digital dan membantu pengguna dengan memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi menggunakan pembelajaran mesin di perangkat.

Setelah memperbarui iPhone ke iOS 17.2, kamu akan menemukan aplikasi Journal di Layar Utama. Luncurkan aplikasi ini dan ketuk ikon plus (+) untuk mendapatkan rekomendasi tentang apa yang harus ditulis dalam jurnal, seperti riwayat mendengarkan di Apple Music, olahraga, dan masih banyak lagi.

Semua data Jurnal kamu dienkripsi secara end-to-end antara perangkat dan akun iCloud, dan semua pemrosesan dilakukan di dalam perangkat, yang berarti kamu tidak perlu mengkhawatirkan masalah privasi. Memanfaatkan ekosistem Apple, aplikasi ini menonjol karena personalisasi yang unggul dibanding aplikasi jurnal lain yang tersedia di App Store.

2. Pengisian daya nirkabel Qi2 untuk iPhone 13 dan iPhone 14

7 Fitur dan pembaruan terbesar iOS 17.2, ada beberapa elemen yang meningkatkan pengalaman pengguna foto: freepik/tescka1

Dengan pembaruan iOS 17.2, memungkinkan pemilik iPhone 13 dan iPhone 14 mengisi daya perangkat mereka menggunakan standar pengisian daya nirkabel Qi2. Hal ini memberikan beberapa keuntungan dibanding pengisian daya Qi, seperti kecepatan pengisian daya hingga 15W, menempel secara magnetis pada iPhone, panas yang dihasilkan lebih rendah, dan banyak lagi. Selain itu, kamu dapat menggunakan pengisi daya yang berfungsi di berbagai platform.

3. Reaksi stiker di aplikasi pesan

7 Fitur dan pembaruan terbesar iOS 17.2, ada beberapa elemen yang meningkatkan pengalaman pengguna foto:makeuseof.com

Bersamaan dengan iOS 17, Apple memperkenalkan kemampuan untuk membuat stiker khusus dari foto yang tersimpan di iPhone pengguna. Dimulai dengan iOS 17.2, kamu dapat menggunakan stiker tersebut untuk bereaksi terhadap teks di aplikasi Pesan.

Untuk menggunakan stiker atau Live Sticker sebagai reaksi, cukup tekan lama pada gelembung teks dan pilih Tambah Stiker. Kemudian, pilih stiker apa pun yang kamu inginkan untuk ditambahkan sebagai reaksi.

4. Verifikasi kunci kontak untuk iMessage

7 Fitur dan pembaruan terbesar iOS 17.2, ada beberapa elemen yang meningkatkan pengalaman pengguna foto:makeuseof.com

Mirip dengan fitur Mode Penguncian yang diperkenalkan pada iOS 16, Verifikasi Kunci Kontak adalah fitur baru yang ditujukan untuk melindungi orang-orang yang mungkin menjadi target serangan siber.

Verifikasi Kunci Kontak memastikan bahwa kamu mengirim pesan kepada orang yang kamu anggap benar dan tidak ada pihak ketiga yang terlibat. Hal ini dilakukan dengan memverifikasi bahwa hanya perangkat yang diotorisasi yang memiliki akses ke akun iMessage kamu, memeriksa kunci verifikasi perangkat, dan memperingatkan pengguna jika terdeteksi perangkat yang tidak dikenal.

Kamu dapat mengaktifkan Verifikasi Kunci Kontak dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka app Pengaturan dan ketuk nama ID Apple kamu di bagian atas.

2. Gulir ke bawah dan ketuk Verifikasi Kunci Kontak.

3. Aktifkan Verifikasi di iMessage dan ketuk Lanjutkan untuk memulai.

(brl/red)