7 Aplikasi ini dikenal sangat cepat menguras baterai laptop

7 Aplikasi ini dikenal sangat cepat menguras baterai laptop

7 Aplikasi penguras baterai laptop

4. Discord

7 Aplikasi ini dikenal sangat cepat menguras baterai laptop foto: freepik/line viz

Discord adalah aplikasi perpesanan yang popular di kalangan gamer. Tetapi sayangnya, aplikasi ini juga menguras baterai. Aplikasi ini menghabiskan sumber daya laptop bahkan di latar belakang karena ini adalah perangkat lunak VoIP (voice over internet protocol) yang membebani CPU dan GPU.

Salah satu cara untuk mengurangi dampak Discord pada baterai laptop adalah dengan menonaktifkan Akselerasi Perangkat Keras di aplikasi. Kamu juga bisa memilih versi web daripada aplikasinya untuk mencegah Discord menguras baterai laptop.

5. Adobe Photoshop

7 Aplikasi ini dikenal sangat cepat menguras baterai laptop foto: freepik/rawpixel

Perangkat lunak kreatif umumnya menghabiskan banyak baterai karena penggunaan CPU yang tinggi, terutama jika itu adalah aplikasi pengeditan foto kelas atas seperti Adobe Photoshop.

Adobe Photoshop cenderung menguras baterai, sama seperti aplikasi Adobe lainnya. Dalam beberapa saat setelah menggunakan Adobe Photoshop, kamu mungkin akan mendapati bahwa baterai laptop menurun secara signifikan. Satu cara yang dapat kamu lakukan adalah tetap mencolokkan laptop ke sumber listruk saat bekerja.

6. VLC

7 Aplikasi ini dikenal sangat cepat menguras baterai laptop foto: freepik/rawpixel

VLC adalah pemutar video pilihan banyak orang, dan untuk alasan yang bagus. VLC dapat memutar hampir semua format video dan dilengkapi dengan beberapa alat bawaan yang berguna, seperti konverter file dan streamer radio. Satu kekurangannya adalah bahwa aplikasi ini menguras baterai laptop. Kamu dapat mencoba pemutar video universal lainnya untuk laptop.

7. Peluncur Steam dan Epic Games

7 Aplikasi ini dikenal sangat cepat menguras baterai laptop foto: steam

Platform distribusi game seperti Steam dan Epic Games Launcher cenderung membutuhkan banyak daya pemrosesan. Jika kamu menggunakan kedua perangkat lunak ini, mungkin akan melihat penurunan persentase baterai laptop dengan cepat setelah beberapa saat digunakan.

Aplikasi-aplikasi ini memiliki banyak proses yang berjalan, termasuk di latar belakang. Sehingga kamu akan menemukan aplikasi ini menguras baterai laptop dengan cepat.

Yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah menutup jendela aplikasi jika tidak digunakan. Kamu juga bisa memilih versi web daripada aplikasi untuk menghindari baterai laptop terkuras habis.

(brl/red)