Microsoft menambahkan game yang dapat dimainkan langsung tanpa harus diunduh dari Microsoft Store

Microsoft menambahkan game yang dapat dimainkan langsung tanpa harus diunduh dari Microsoft Store

Techno.id - Microsoft baru saja meluncurkan fitur baru di Microsoft Store resmi yang memungkinkan pengguna memainkan game secara instan di toko tersebut. Bahkan game tertentu tidak perlu diinstal lagi untuk mulai memainkannya.

Game tertentu menampilkan tombol mainkan sekarang. Aktifkan tombol itu dan jendela baru akan muncul. Pemuatan game mungkin memakan waktu beberapa saat, tergantung pada koneksi Internet dan perangkat.

Judul jendela permainan adalah "Microsoft Store" dan menampilkan bilah sisi. Di sana kamu akan menemukan informasi dasar tentang game saat ini dan daftar game lain yang dapat kamu mainkan tanpa instalasi.

Microsoft menambahkan game yang dapat dimainkan langsung tanpa harus diunduh dari Microsoft Store foto: microsoft store

Satu klik pada salah satu game ini akan meluncurkannya di jendela utama dan kamu dapat langsung mulai memainkannya. Sebagian besar game ini bersifat sederhana. Jangan berharap Baldur's Gate 3 atau Cyberpunk 2077 ada dalam daftar.

Game seperti Amazing Jewels, Amazing Bubble Breaker, atau 2020 Connect adalah game kasual. Game lain yang memiliki ukuran yang kecil dan permainan serupa juga dapat ditemukan di banyak situs game online seperti Crazy Games atau Poki.

Cara mengakses game instan Microsoft

Kamu memiliki dua opsi utama untuk mengakses game-game ini. Opsi pertama berfungsi melalui tombol putar sekarang. Temukan satu game yang mendukung fitur tersebut dan mulai. Semua game lain terdaftar di bilah sisi jendela yang terbuka. Cukup telusuri pilihan permainan di sana dan klik salah satu untuk memulainya.

Opsi kedua membutuhkan beberapa navigasi. Buka Microsoft Store dan kemudian bagian Game. Pastikan kamu menggunakan aplikasi Microsoft Store resmi dan bukan situs webnya.

Gulir ke bawah hingga kamu masuk ke bagian Koleksi. Kamu akan melihat koleksi yang disebut "Mainkan game gratis tanpa unduhan". Klik koleksinya dan kamu mendapatkan daftar semua game yang dapat langsung dimainkan di Microsoft Store.

Microsoft menambahkan game yang dapat dimainkan langsung tanpa harus diunduh dari Microsoft Store foto: microsoft store

Beberapa pengguna Windows mungkin menyukai opsi untuk langsung terjun ke dalam game tanpa harus menginstal game ini terlebih dahulu. Meskipun penginstalan game kecil ini juga tidak memakan waktu lama, beberapa orang mungkin memilih untuk tidak menginstal game di perangkat mereka.

Untuk game yang layak untuk dimainkan, tergantung pada selera pribadi. Jika kamu suka Mahjong, kamu bisa mencoba Solitaire Mahjong Classic. Ada juga Amazing Squares, yang dimainkan seperti varian Tetris.

Opsi Microsoft ini bisa jadi dikarenakan sebagian besar toko aplikasi mendukung game instan. Google menyebut Google Play instan ini di Android dan mendukung aplikasi dan game. Ada kemungkinan Microsoft juga akan memperkenalkan fungsionalitas tersebut ke aplikasi. Microsoft mengubah pendiriannya di Microsoft Store tersebut pada tahun 2021. Saat itulah perusahaan mengizinkan aplikasi non-UWP.

(brl/red)