Windows 12 tidak akan diluncurkan tahun ini, Microsoft hadirkan peningkatan besar pada Windows 11

Windows 12 tidak akan diluncurkan tahun ini, Microsoft hadirkan peningkatan besar pada Windows 11

Techno.id - Apakah Windows 12 akan diluncurkan tahun 2024? Ini telah menjadi salah satu pertanyaan besar bagi Microsoft, di samping apakah Xbox Game Studios akan menjadi penerbit pihak ketiga. Kedua pertanyaan tersebut muncul baru-baru ini. Tetapi Microsoft secara definitif menjawab spekulasi mengenai Windows.

Dalam sebuah blog yang membahas build Insider Preview baru mengenai Windows 11, Microsoft mengonfirmasi bahwa pembaruan fitur besar berikutnya akan diberi nama Windows 11, versi 24H2, dan akan dirilis pada paruh kedua tahun ini. Sebelumnya, versi ini sempat disebut sebagai Windows 12. Meskipun Microsoft tidak secara terbuka mengatakan Windows 12 tidak akan hadir pada tahun 2024, ini merupakan indikasi yang jelas.

Perubahan kecil tapi berdampak

Windows 12 tidak akan diluncurkan tahun ini, Microsoft hadirkan peningkatan besar pada Windows 11 foto: windows central

Jadi apa yang akan terjadi pada build Windows 11 baru ini? Peningkatannya bersifat kecil, tetapi akan meningkatkan sebagian pengalaman UI pengguna. Berikut adalah tiga hal yang akan menjadi besar.

1. Copilot menjadi lebih menonjol

Saat ini, Windows Copilot adalah sesuatu yang dapat pengguna buka secara manual seperti asisten obrolan AI. Dalam versi berikutnya, ini akan dimasukkan lebih lanjut ke dalam Windows 11, dibuka saat startup, dan muncul di baki sistem saat tindakan tertentu dilakukan. Misalnya, jika kamu menyalin teks, ikon Copilot akan berubah tampilannya untuk menunjukkan kepada kamu bahwa ikon tersebut dapat membantu melakukan hal-hal seperti menjelaskan kalimat yang rumit dan meringkas teks.

2. Bergabung dengan jaringan Wi-Fi menjadi lebih mudah

Saat ini, kasus memilih jaringan dari pengaturan Wi-Fi dan memasukkan kata sandi pengguna akan lebih mudah. Di versi baru ini, pengguna dapat memindai kode QR dan mengeklik tautan untuk bergabung dengan jaringan. Plus, dengan Build 25977, pengguna bahkan dapat membuat kode sendiri untuk berbagi jaringan Wi-Fi dengan orang lain.

3. Keamanan Bluetooth

Saat mencari perangkat Bluetooth untuk disambungkan, kamu akan melihat bahwa daftarnya lebih kecil dari biasanya. Itu karena Windows menyaring perangkat yang tidak biasa. Ini sangat membantu untuk mengidentifikasi aksesori yang ingin kamu pasangkan dengan cepat, dan merupakan lapisan perlindungan yang baik terhadap perangkat yang berpotensi berbahaya.

(brl/red)