Komputer lawas tidak bisa lagi boot Windows 11 versi 24H2, ini alasannya   

Komputer lawas tidak bisa lagi boot Windows 11 versi 24H2, ini alasannya   

Techno.id - Personal Computer (PC) dengan CPU lawas akan mengalami masa sulit ketika versi Windows 11 berikutnya diluncurkan. Karena versi 24H2 akan menjadi yang pertama tidak lagi melakukan booting pada CPU tanpa instruksi POPCNT (population count/jumlah populasi).

Ini berarti PC yang berusia di atas 15 tahun dan sebelumnya tidak dapat menjalankan Windows 11 secara resmi pasti tidak akan dapat melakukannya. Secara khusus, versi Windows 11 berikutnya memerlukan instruksi CPU yang disebut POPCNT yang menjadi standar CPU pada pertengahan tahun 2000-an dengan arsitektur AMD Barcelona, diikuti CPU seri Core i generasi pertama Intel. Berarti hampir semua PC dalam 15 tahun terakhir tidak akan terpengaruh perubahan ini.

Sebab, masih ada beberapa orang di luar sana yang menggunakan PC dengan Intel Core 2 Duo, dan beberapa PC tersebut pasti telah menjalankan Windows 11 secara tidak resmi. Hingga saat ini PC tersebut dapat menjalankan Windows 11, meskipun sangat lambat. Namun setelah dimulai dengan versi 24H2, OS tidak akan bisa boot lagi.

Perubahan ini tidak memengaruhi PC yang lebih modern yang juga tidak didukung Windows 11, seperti yang ditenagai chip seri Intel Generasi ke-7 atau AMD Ryzen 1000. Versi Windows 11 berikutnya akan menjadi peningkatan OS utama, berdasarkan versi baru platform Windows yang disebut Germanium.

Ini diharapkan menjadi yang pertama sebagai headline fitur dan pengalaman AI generasi berikutnya, dan akan segera mulai diluncurkan ke pengguna Windows 11.

(brl/red)