CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 8 Maret 2016 16:00

Tim Cook dan para petinggi perusahaan TI rapat tertutup, ada apa?

Kabarnya, mereka ingin menjegal langkah Donald Trump ke White House.

Tim Cook dan para petinggi perusahaan TI rapat tertutup, ada apa?

Techno.id - Sejumlah petinggi perusahaan TI di Amerika Serikat dikabarkan sedang berkumpul bersama para elit Partai Republik dan pemerintahan untuk acara American Enterprise Institute World Forum. Menurut laporan HuffingtonPost.com (03/07/16), Tim Cook (CEO Apple), Larry Page (co-founder Google), Elon Musk (CEO Tesla), dan Sean Parker (kreator Napster) ada di rombongan yang mengadakan pertemuan tanpa wartawan di kawasan Georgia, AS, itu. Menurut narasumber yang terpercaya, mereka kabarnya sekaligus menyusun strategi untuk menjegal Donald Trump menjadi orang nomor satu di AS.

Melihat ke belakang, ada banyak sebab yang barangkali melatarbelakangi bersatunya nama-nama besar dari bidang TI itu. Apple mungkin adalah pihak yang paling meradang. Trump sendiri pernah menyatakan untuk memboikot produk Apple ketika raksasa Cupertino itu menolak permintaan FBI untuk meng-unlock pelaku teror di San Bernardino. Di sisi lain, Apple ingin tetap menjaga privasi penggunanya.

Trump yang dikenal sebagai salah satu orang terkaya di AS itu barangkali juga dianggap sebagai ancaman industri teknologi. Ia sempat melempar pernyataan kontroversial dengan berencana untuk menutup akses internet. Menurutnya, internet membuat banyak peluang kejahatan seperti terorisme.

Taipan itu pun sempat mengejek Amazon sebagai perusahaan yang tidak menguntungkan dan tidak tertib membayar pajak. Jeff Bezos, sang CEO, hanya menyindir Mr. Trump dengan mengunggah sebuah video peluncuran Blue Origin, layanan angkutan privat ke luar angkasa yang didirikan Bezos. Tak lupa, ia juga memberi balasan pada Trump dengan menulis "akan menyisakan satu buah kursi di roket Blue Origin untuk Anda."

WHAT TO READ NEXT ?