Bill Gates malah sarankan Apple mengalah pada FBI

Bill Gates malah sarankan Apple mengalah pada FBI

Techno.id - Polemik Apple versus FBI nampaknya belum akan selesai dalam waktu dekat. Pasalnya, kedua belah pihak sama-sama kukuh dengan sikapnya masing-masing. Terlebih keduanya mendapat dukungan dari pihak lain pula. Kini, Bill Gates pun ikut campur.

Mengutip TechRadar.com (23/02/16), salah seorang pendiri Microsoft itu mempunyai pandangan lain dengan Tim Cook, CEO Apple. Menurut Bill, Apple sebaiknya mengalah karena kasus yang ingin diselesaikan pemerintah ini sifatnya sangat spesifik.

"Mereka tidak meminta hal-hal yang general. Mereka meminta kasus yang istimewa," terangnya. Walau di sisi lain, ia juga memahami kalau ketika Apple mengikuti kemauan pemerintah, maka ada kemungkinan besar pihak lain ingin melakukannya juga atau mendapat perlakuan yang sama.

Kedua pihak tampak ngotot karena sama-sama mendapat dukungan. Apple, misalnya, diapresiasi dengan tinggi oleh petinggi perusahaan teknologi seperti Jack Dorsey (CEO Twitter) dan Sundar Pichai (CEO Google). Ada pula Edward Snowden yang juga merasa apa yang sudah dilakukan raksasa Cupertino tersebut tepat.

Di kubu oposisi, Donald Trump menyatakan Apple harus mau membuka passcode iPhone milik pelaku teror di San Bernardino itu. Taipan real estate yang juga kandidat presiden Amerika Serikat itu bahkan menyerukan untuk memboikot semua produk Apple sampai mereka mau kooperatif dengan FBI.

(brl/red)