Tahun ini, pasar smartphone Indonesia akan tetap menguntungkan

Tahun ini, pasar smartphone Indonesia akan tetap menguntungkan

Techno.id - Jika Anda merasa pengguna ponsel sekarang sudah sangat banyak, tahun ini Canalys memprediksi populasi kelompok itu akan bertambah lebih banyak lagi. Diperkirakan, bakal ada 2 miliar ponsel yang terjual selama 2016, dengan 77 persennya atau lebih dari 1,5 miliarnya adalah smartphone.

Pertumbuhan industri ini juga diduga berdampak ke Indonesia. Walau tak terlalu signifikan, pertumbuhan penjualan smartphone di Tanah Air sepertinya akan tetap menguntungkan. Menurut Canalys seperti dikutip dari rilis persnya (22/02/16), bakal ada hampir 50 juta ponsel pintar yang laku di Indonesia, naik dari tahun lalu.

Tahun ini, pasar smartphone Indonesia akan tetap menguntungkan

Tren penjualan smartphone di beberapa negara
2016 Canalys

Namun dalam prediksi jangka panjang itu, tren penjualan smartphone di sini mungkin tetap stagnan setidaknya sampai 2019 mendatang. Peningkatan memang ada, tetapi masih kurang subur jika dibanding India yang tahun 2013 lalu penjualan smartphone-nya tak terpaut jauh dengan Indonesia.

Sementara itu secara global, Canalys memprediksi kenaikan penjualan smartphone bakal datang dari konsumen pemula di kelas entry-level. Maka dari itu, kontribusi vendor dalam merilis produk baru pun bakal punya pengaruh besar.

(brl/red)