CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 20 Februari 2016 07:00

Google harus mengakui kekalahannya dari pengembang asal Tiongkok

Tencent kini menjadi publisher aplikasi iOS terpopuler di dunia.

Google harus mengakui kekalahannya dari pengembang asal Tiongkok

Techno.id - Susah untuk meremehkan dominasi Google di era digital saat ini. Selain memiliki Android, sistem operasi dengan pengguna terbanyak di dunia, Google ternyata juga cukup dominan di platform lain. Salah satunya di Apple App Store.

Berdasarkan pantauan Sensor Tower, Google sukses memuncaki publisher aplikasi iOS teratas selama kuartal kedua dan ketiga 2015. Belakangan, posisinya digoyahkan oleh Tencent. Hingga akhirnya pada Q4 2015, developer aplikasi asal Tiongkok itu berhasil merebut mahkota Google.

Kendati grafis berikut tidak menyertakan nama Apple, tetapi capaian Tencent di klasemen ini cukup menarik karena trennya terus naik. Di Q2 2015, mereka masih duduk di posisi ketiga dan periode selanjutnya naik ke posisi pertama.

Developer aplikasi iOS terpopuler di dunia
© 2016 Sensor Tower

 

Dalam laporan Q4 2015 Data Digest Apple App Store dari Sensor Tower itu, tercatat kalau aplikasi-aplikasi buatan Tencent total sudah diunduh hampir 150 juta kali. Di tiga bulan penghujung 2015 itu, Google yang duduk di posisi kedua hanya mampu mengimbangi dengan jumlah download sekitar 120 juta.

Kalau dilihat dari Apple App Store, aplikasi yang dipublikasikan oleh Tencent banyak yang memang ditujukan untuk user dari Tiongkok. Hal ini tentu 180 derajat berbeda dengan Google yang menjajakan mobile app populer semacam YouTube, Chrome, atau Gmail. Ini menjadi bukti jika pengguna iOS di Negeri Tirai Bambu atau yang menguasai bahasa Tiongkok sangat besar.

WHAT TO READ NEXT ?