CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 29 Februari 2016 10:00

Bagaimana kondisi vendor smartphone lokal saat ini?

Posisi Smartfren dan Advan cukup baik, Polytron masih sepi peminat.

Bagaimana kondisi vendor smartphone lokal saat ini?

Techno.id - International Data Corporation (IDC) menegaskan kembali bahwa pasar smartphone Indonesia masih begitu subur. Dengan penjualan sebanyak 29,3 juta unit atau naik 17 persen, sektor ini cukup layak untuk digarap beramai-ramai baik oleh vendor asing maupun lokal.

Sayangnya, ada ketidakseimbangan dalam persaingan ini. Samsung terbukti belum tergoyahkan sebagai penguasa market share ponsel pintar Tanah Air. Tak hanya itu, serbuan dari pemain asal Tiongkok pun cukup sporadis. Terbukti, Lenovo dan para kompatriotnya kini bersama-sama menikmati pangsa pasar Indonesia sebesar 21 persen pada Q4 2015.

Produsen smartphone lokal sendiri sebenarnya mampu bersaing, tetapi porsi market share-nya belum besar. Smartfren bersama Advan dalam kasus ini adalah yang terdepan. Keduanya mendiami posisi ketiga dan keempat top five produsen smartphone terbesar di Tanah Air. Penjualan per tahun keduanya pun sama-sama naik di atas 20 persen.

Penjualan smartphone di Indonesia tahun 2015
© 2016 IDC/IDC

 

Selain dua vendor itu, masih ada Evercoss dan Axioo. Mereka mencoba menggoda pasar dengan merilis ponsel 4G yang cukup terjangkau di ujung 2015. Di sisi lain, volume penjualan Polytron terpantau kecil. Namun gebrakan pasar yang sudah mereka lakukan tergolong berani dan tepat.

"Supaya bisa berkompetisi, vendor lokal terpaksa menawarkan nilai barang yang lebih tinggi. Polytron, misalnya, mencoba memberi diferensiasi dengan mengembangkan versi Android-nya sendiri bernama OS FIRA. Sementara lainnya menawarkan ponsel 4G dengan harga yang lebih rendah dari vendor Tiongkok atau global," Reza Haryo, Senior Market Analyst IDC, menuangkan pandangannya seperti dikutip dari rilis pers IDC (18/02/16).

Dengan fakta seperti ini, apakah Anda yakin produsen smartphone lokal tetap bisa bersaing ke depannya?

WHAT TO READ NEXT ?