CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 20 Februari 2016 18:00

Clash of Clans vs Game of War, mana yang pemasukannya tertinggi?

Keduanya kalau ditotal sudah mengumpulkan Rp27 triliun.

Clash of Clans vs Game of War, mana yang pemasukannya tertinggi?

Techno.id - Pergolakan industri game digital dunia terus positif. Menurut SuperData Research (27/01/16), tahun 2015 kemarin, industri game digital dunia berhasil mendatangkan Rp823 triliun dari beragam platform. Angka itu 8 persen naik dari tahun lalu.

Dari data tersebut, ada cabang yang cukup menarik untuk ditelusuri lebih lanjut, yakni mobile game. Sebab platform mobile sukses menjadi platform dengan pemasukan tertinggi dibanding PC atau console. Tumbuh 10 persen dari 2014, kini sektor mobile game sendiri telah mengumpulkan Rp348 triliun.

Kalau diruntut lagi, persaingan di platform mobile gaming memunculkan dua game setipe dengan pemasukan paling besar. Mereka adalah Clans of Clans dan Game of War: Fire Age. Nah, masih berdasarkan data SuperData Research, ternyata Clans of Clans-lah jawaranya.

Game dari Supercell itu sudah meraup Rp18 triliun. Nominal itu hampir setengah lebih banyak dari pemasukan Game of War yang cuma Rp10,7 triliun. Kedigdayaan Clans of Clans selama 2015 ini pun memperkuat data sebelumnya. Pada November 2015, mereka terendus sudah mendatangkan Rp13 triliun.

Grafis lengkapnya tersaji di bawah ini:

Mobile game dengan pemasukan tertinggi
© 2016 SuperData Research

 

WHAT TO READ NEXT ?