Sumber energi baru untuk masa depan Indonesia

Sumber energi baru untuk masa depan Indonesia

Techno.id - Saat ini Indonesia memang memiliki masalah dengan krisis energi, tak ayal wacana diversifikasi tengah menjadi tren perbincangan dalam kajian pemberdayaan energi nasional.

Banyak sumber energi baru yang bisa dimanfaatkan untuk menggantikan bahan bakar fosil. Seperti yang dilansir Antara (10/05/15), sumber tenaga baru seperti geothermal atau panas bumi, hydro (air), tenaga angin, hingga nuklir, dimunculkan pengkajiannya demi satu tujuan, yaitu menggantikan sumber energi yang selama ini digunakan oleh Indonesia.

Pemerintah nampaknya sudah jenuh terhadap alokasi pembiayaan untuk energi fosil tersebut, seperti yang disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said beberapa waktu lalu.

Terkait hal ini, ia meminta kepada seluruh kalangan dan lapisan masyarakat agar memikirkan sumber energi baru selain energi fosil, karena kebutuhan tersebut ia anggap sudah mendesak.

"Kita habis-habisan memberi subsidi energi yang akan habis. Rp2.600 triliun kita keluarkan dalam 10 tahun untuk fosil, tapi subsidi untuk energi baru sangat kecil," ujarnya.

Ia juga menghimbau kepada pemerintah dan masyarakat, agar mengubah pola pikir bahwa sumber energi baru bukan lah energi alternatif seperti yang dipahami secara umum selama ini.

"Jangan lagi menyebut ini alternatif, karena itu artinya cuma cadangan. Sekarang harus berpikir bahwa yang baru justru yang utama, karena yang fosil pasti akan habis pada waktunya," ujarnya.

Hal ini didukung dengan peryataan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla, ia mengatakan jika tenaga nuklir juga bisa menjadi pilihan energi alternatif karena memiliki potensi yang besar. Walaupun lingkungan internasional memliki pendapat yang berbeda-beda mengenai penggunaannya.

Di sisi lainnya, Korea Selatan dan Vietnam juga tengah mengembangkan PLTN untuk meningkatkan pasokan tenaga listriknya.

(brl/red)