Kominfo Bojonegoro akan garap 34 blog desa

Kominfo Bojonegoro akan garap 34 blog desa

Techno.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, berencana menggarap 34 blog kelompok informasi masyarakat (KIM) desa berbasis teknologi informasi yang melaporkan pengelolaan keuangan desa tahun 2015.

"Pembuatan blog KIM desa yang berisi laporan pengelolaan keuangan desa merupakan salah satu bagian dari keterbukaan informasi publik di desa," jelas Kepala Dinas Kominfo Bojonegoro Kusnandaka Tjatur di Bojonegoro, dikutip dari Antara (09/05/15).

Sebelumnya pembuatan blog desa ini sudah dilakukan tepatnya dua tahun yang lalu. Namun, blog yang sudah ada belum berjalan seperti yang diharapkan, hanya beberapa blog saja yang mencantumkan laporan pengelolaan anggaran desa.

Selain itu, menurutnya rencana penambahan blog desa ini akan dilakukan secara bertahap. "Pembuatan blog KIM yang melaporkan pengelolaan keuangan desa, harus dilengkapi dengan sumber daya manusia di desa yang menguasai teknologi informasi," ungkapnya.

Hal yang paling penting menurutnya adalah pihaknya akan terus melakukan pendampingan kepada blog KIM yang ada. Dengan cara seperti meningkatkan kemampuan pengelolanya dengan memberikan pelatihan baik menyangkut penguasaan teknologi informasi, menulis, dan lainnya.

Ia menambahkan keberadaan blog KIM desa ini sangat bermanfaat bagi desa yang bersangkutan untuk mengangkat berbagai potensi yang ada, mulai potensi ekonomi, wisata, budaya, juga lainnya.

(brl/red)