Tiap satu iPhone terjual, Sony ikut kecripatan untung, kok bisa?

Tiap satu iPhone terjual, Sony ikut kecripatan untung, kok bisa?

Techno.id - Sebagaimana diketahui, Apple di awal tahun ini sanggup menjual 61 juta unit iPhone. Angka fantastis itu hampir mustahil untuk dikejar vendor lain, seperti Sony. Namun di satu sisi, Sony tetap bisa tersenyum meski Apple menguasai pasar smartphone dunia.

Hal ini berawal dari ketergantungan Apple pada sensor kamera buatan raksasa teknologi asal Jepang itu. Ambil saja iPhone 6 sebagai contoh. Faktanya, kedua sisi kamera di handset tersebut mengadopsi sensor buatan Sony. Gara-gara ini, seorang analis pun sampai memperkirakan kalau setiap iPhone yang laku, Sony bisa ikut mendapatkan keuntungan. Seperti dikutip dari PhoneArena (6/5/15), laba tersebut berkisar di angka Rp260.000.

Kalau melihat fakta yang ada, rasanya keputusan Apple di atas untuk menjalin kerja sama dengan Sony ada benarnya juga. Menurut analisis dari Techno Systems Research, Sony telah mencatatkan diri sebagai produsen sensor gambar nomor satu di dunia. Di tahun 2014 saja, Sony sukses menguasai 40 persen dari pasar sensor kamera. Perolehan OmniVision (15.7%) dan Samsung (15.2%) yang berada persis di bawahnya pun belum bisa menyaingi porsi milik Sony.

(brl/red)