CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 2 Februari 2016 08:00

Sudah 2016, BBM masih jadi aplikasi chatting favorit orang Indonesia

Di bawahnya, pemain-pemain lama tetap membuntuti.

Sudah 2016, BBM masih jadi aplikasi chatting favorit orang Indonesia

Techno.id - Dengan populasi terbanyak keempat di dunia, Indonesia adalah pasar yang sangat subur bagi developer aplikasi. Terlebih, masyarakat yang melek internet sekarang semakin banyak.

WeAreSocial dalam Digital, Social, and Mobile Report in 2016-nya memaparkan kalau pengguna internet di Tanah Air sudah sebanyak 88,1 juta dari total 259 juta jiwa. Para netizen ini pun begitu gemar memainkan ponsel pintarnya untuk keperluan komunikasi.

Masih dari data yang sama, WeAreSocial telah mendapatkan data social platform favorit netizen Indonesia. Di daftar teratas, ada BlackBerry Messenger (BBM) yang duduk di puncak dengan 19 persen responden yang mengaku menggunakan aplikasi instant messenger tersebut. Sedangkan media sosial semiliar umat, Facebook, berada di posisi kedua.

Di peringkat 3 sampai 10, ada deretan aplikasi lawas yang tetap membuntuti. Aplikasi chatting kawakan yang belum bisa menjungkalkan BBM itu antara lain WhatsApp, Facebook Messenger, Line, dan WeChat. Sedangkan posisi lainnya dihuni oleh jejaring sosial yang juga kompetitor bebuyutan Facebook, yakni Google+, Twitter, Instagram, dan Pinterest.

Data selengkapnya tersaji di grafis berikut:

Platform media dan aplikasi sosial terpopuler di Indonesia
© 2016 WeAreSocial/WeAreSocial

Ketangguhan BBM ini meneruskan data dari JANA.com yang dipublikasikan pertengahan tahun lalu. Saat itu, BBM tercatat sebagai aplikasi chatting yang paling banyak di-install sekaligus memiliki pengguna aktif harian terbanyak. Sedangkan Oktober silam, Senior Vice President BBM, Matthew Talbott, mengatakan user BBM di Tanah Air mencapai 55 juta.

WHAT TO READ NEXT ?