BBM masih jadi aplikasi chatting terpopuler di Indonesia, ini sebabnya

BBM masih jadi aplikasi chatting terpopuler di Indonesia, ini sebabnya

Techno.id - Serbuan aplikasi instant messenger di Indonesia ternyata belum menggoyahkan BBM sebagai aplikasi terfavorit dari lini tersebut. Berdasarkan penelusuran JANA.com yang dipublikasikan di blog resmi mereka (18/06/15), BBM tetap tercatat sebagai software chatting yang paling banyak di-install serta memiliki pengguna aktif harian terbanyak.

Fakta ini jelas berkebalikan dengan popularitas smartphone berlabel BlackBerry yang kian merosot. Namun, JANA, selaku marketplace terkemuka untuk aplikasi seluler, mengemukakan hipotesis kalau popularitas BBM sangat tinggi karena beberapa hal. Pertama, BlackBerry, selaku pembawa dan pengenal BBM pertamakali, pernah populer di kalangan masyarakat Tanah Air. Sementara faktor kedua ialah tersedianya BBM untuk platform yang lebih banyak.

Ya, BBM sulit ditinggalkan oleh user di Indonesia mengingat masih banyaknya rekan atau saudara mereka yang masih menggunakan BBM. Tak ayal, ketika mereka bermigrasi dari BlackBerry, kans mereka untuk tetap menggunakan BBM tetap tinggi. Penggabungan dari dua faktor di atas itu pun sukses menjaga - bahkan menambah - jumlah user BBM di Indonesia.

Jika Anda penasaran aplikasi apa saja yang berada di belakang BBM, berikut daftar lengkapnya:

BBM masih jadi aplikasi chatting terpopuler di Indonesia, ini sebabnya
Aplikasi instant messaging terpopuler di Indonesia 2015 jana.com

(brl/red)