CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 21 Januari 2016 05:00

Brand 'HP Cina' apa yang paling laku sepanjang 2015?

Huawei kini ada di bawah bayang-bayang Samsung dan Apple langsung.

Brand 'HP Cina' apa yang paling laku sepanjang 2015?

Techno.id - 2015 sudah berlalu. Selama 12 bulan di periode tersebut, TrendForce memaparkan kalau penjualan smartphone global meningkat 10,3 persen dari tahun lalu. Menariknya, dari total shipment yang mencapai 1,3 miliar unit, lebih dari 40 persen atau 539 juta di antaranya lahir dari pabrik ponsel Tiongkok.

Semakin populernya handset asal Negeri Tirai Bambu ini ternyata tak lepas dari genjotan sejumlah vendor ternama. Dari rilis persnya (14/01/16), TrendForce mencatat setidaknya ada lima vendor top yang angka penjualannya tinggi. Namun, smartphone berlabel Huawei-lah yang paling laris. Perusahaan yang berdiri tahun 1987 itu kini ada di bawah bayang-bayang Samsung dan Apple langsung.

Dengan investasi yang tak sedikit untuk R&D, Huawei kini mampu memproduksi prosesor ponselnya sendiri bernama Kirin. Perusahaan kipas merah itu juga dinilai dapat berekspansi lebih luas dan mempertahankan relasi baik dengan operator telekomunikasi.

Tak ayal, mereka bisa mencatatkan rekor penjualan di atas 100 juta unit untuk pertama kalinya dalam setahun. Di sisi lain, market share vendor lain seperti Xiaomi cenderung stagnan sedangkan Lenovo malah menurun.

2016 ini, Huawei menargetkan bisa menjual lebih banyak smartphone lagi, tepatnya 120 juta unit. Sejumlah produk pun bakal menjadi andalan, sebut saja Huawei G8 atau P9.

WHAT TO READ NEXT ?