CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 1 Februari 2016 12:00

90 Persen pengguna internet di Indonesia aktif di medsos

Rata-rata, masyarakat Indonesia bermain medsos selama 2 jam 51 menit dalam sehari.

90 Persen pengguna internet di Indonesia aktif di medsos

Techno.id - Menurut pantauan WeAreSocial, awal tahun ini, pengguna internet sedunia sudah hampir menyentuh angka 50 persen. Nominalnya ialah sekitar 3,4 miliar jiwa.

Di Indonesia sendiri, pertumbuhan netizen juga terus positif. Tahun lalu, baru ada 72,7 juta user internet di Tanah Air, tetapi tahun 2016 ini sudah bertambah menjadi 88,1 juta jiwa alias bertambah 15 persen.

Memangnya, apa sih aktivitas utama pengguna internet di Indonesia? WeAreSocial dalam laporannya bertajuk Digital, Social, and Mobile Report in 2016, memaparkan jika 90 persen netizen Tanah Air aktif di jejaring sosial. Dengan penetrasi mencapai 30 persen dari total populasi, pengguna media sosial di Indonesia pun kini sudah sebanyak 79 juta orang.

Dari segi pertumbuhan, bertambahnya pengguna internet selaras dengan active user di medsos. Dibanding tahun lalu, masyarakat yang memainkan Facebook, Twitter, Path, Instagram, dan lain-lain sudah bertambah 10 persen.

Menariknya, masyarakat Indonesia malah tidak semakin kecanduan dalam menggunakan media sosial. Masih menurut data dari WeAreSocial, rata-rata orang Indonesia 'cuma' menghabiskan 2 jam 51 menit untuk mengakses medsos per harinya lewat pelbagai perangkat. Rerata itu malah menurun dari durasi penggunaan medsos tahun lalu di Indonesia yang selama 2 jam 52 menit.

WHAT TO READ NEXT ?