CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 9 April 2016 10:00

SpaceX berhasil wujudkan impian daratkan roket kembali ke Bumi

Roket Falcon 9 yang mengantarkan bahan penelitian ke ISS itu diketahui berhasil mendarat tegak lurus ke bidang mengambang di Samudera Atlantik.

SpaceX berhasil wujudkan impian daratkan roket kembali ke Bumi

Techno.id - SpaceX, perusahaan jasa di bidang antariksa milik Elon Musk dikabarkan sukses kembali mendaratkan roket kargo miliknya yang pada dinihari tadi diluncurkan untuk mengantar kapsul Dragon ke stasiun antariksa internasional (ISS). Roket seri Falcon 9 itu dilaporkan sukses mendarat tegak lurus pada bidang atau platform mengambang di Samudera Atlantik.

Sebagaimana dilansir oleh TheGuardian (8/4/16), pada dinihari tadi di Cape Canaveral, SpaceX memang melakukan misi peluncuran bagi kapsul Dragon. Kapsul tersebut diketahui membawa sekitar 3.100kg bahan penelitian untuk keenam astronot yang sedang melakukan serangkaian uji coba di modul sementara milik NASA yang dikenal dengan nama Bigelow Expandable Activity Module (BEAM).

Nah selain melakukan misi peluncuran, SpaceX diketahui juga mengusung misi pendaratan roket. Ya, perusahaan tersebut dikabarkan juga mempersiapkan program pendaratan agar roket yang digunakan untuk melakukan peluncuran bisa dipakai untuk misi lainnya di kemudian hari.

Elon Musk mengaku selama beberapa kali percobaan pendaratan, Falcon 9 si roket kargo tersebut kerap gagal mendarat. Namun, kemarin saat pendaratan sebenarnya Falcon 9 dengan mulus mendarat secara tegak lurus di bidang mengambang milik SpaceX yang telah dipersiapkan di Samudera Atlantik.

Lebih jelas mengenai detik-detik pendaratan roket kargo Falcon 9 dini hari tadi, bisa Anda saksikan di video berikut ini.

 

WHAT TO READ NEXT ?