CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 28 Januari 2016 20:00

Parasut yang bisa bawa balik astronot ke bumi kini tengah diuji coba

Parasut ini dijadwalkan bisa lolos uji coba dalam waktu dekat.

Parasut yang bisa bawa balik astronot ke bumi kini tengah diuji coba

Techno.id - SpaceX, perusahaan antariksa milik miliader teknologi Elon Musk kini dikabarkan tengah menguji coba parasut yang bisa bawa astronot kembali ke bumi. Parasut khusus itu kabarnya bisa membawa awak pesawat komersil Dragon yang mengusung misi kargo ke stasiun antariksa internasional kembali ke bumi dengan selamat bila terjadi keadaan darurat.

Dalam uji coba di Coolidge, Arizona yang merupakan bagian dari proses sertifikasi pesawat luar angkasa untuk program Commercial Crew NASA itu, parasut memang tak menggunakan manusia. Hal ini dikarenakan proses mendarat menggunakan parasut dinilai masih belum aman bagi manusia.

Sebagaimana dilansir oleh TechCrunch (27/1/16), pihak SpaceX mengungkapkan bahwa uji coba pendaratan dengan manusia baru bisa dilakukan setelah keamanan parasut telah dikonfirmasi oleh peneliti atau pihak terkait. Nah, hal ini diakui pihak SpaceX membutuhkan waktu yang lama meski diakui dengan uji coba rutin seperti dilakukan sekarang, maka bukan tak mungkin uji coba parasut dengan manusia bisa dilakukan dalam waktu dekat.

Sekadar informasi, SpaceX kabarnya telah melakukan uji coba parasut ini mulai bulan Desember 2013. Ketika awal diujicobakan, parasut ditujukan bukan untuk digunakan manusia melainkan untuk membawa barang-barang yang dapat meringankan beban pesawat ketika hendak mendarat di bumi.

Selama kurun dua tahun pasca uji coba pendaratan itulah, akhirnya pihak SpaceX pun memodifikasi parasut agar bisa digunakan untuk membawa astronot nantinya kembali ke bumi atau sesuai dengan ambisi sang pemilik, Musk yakni membawa astronot mendarat dengan aman ke daratan tanpa lautan seperti Mars.

WHAT TO READ NEXT ?