Segera rilis, mobil pertama di dunia yang dicetak dengan printer 3D

Segera rilis, mobil pertama di dunia yang dicetak dengan printer 3D

Techno.id - Local Motors, perusahaan otomotif asal Amerika dikabarkan bakal segera merilis mobil yang dicetak menggunakan printer 3 dimensi atau 3D pertama di dunia. Perusahaan mengklaim hampir semua bagian bodi serta beberapa perangkat pendukung akan sepenuhnya dicetak menggunakan sistem Digital Direct Manufacture (DDM) yang mana didalamnya pun terdapat printer 3D sebagai salah satu perangkat pendukung proses produksi.

"Kami menggunakan kekuatan DDM untuk menciptakan kendaraan baru dengan kecepatan yang tak tertandingi dalam industri otomotif, dan kami sangat senang menyampaikan jika mobil ini sudah mulai bisa dipesan pertengahan tahun 2016 mendatang,"ujar Jay Rogers, CEO Local Motors seperti dikutip dari blog resminya (3/11/15).

Untuk mendukung proses produksi mobil seri LM3D Swim ini, Local Motors kabarnya akan menggunakan bahan khusus yang diimpor dari perusahaan SABIC (Saudi Basic Industries Corporation). SABIC kabarnya akan menyuplai bahan termoplastik yang diklaim bakal membuat bodi mobil lebih ringan dan memudahkan DDM atau printer 3D melakukan proses produksi karena bahan yang dinilai fleksibel sehingga mudah dibentuk dan tentunya tahan lama.

Selain diklaim akan menggunakan printer 3D dalam proses produksi, pengembangan mobil seri LM3D Swim ini juga kabarnya akan menggunakan software hasil pengembangan Siemens dan Solid Edge untuk mendukung proses produksi. Penggunaan software ini diklaim akan membuat proses produksi mobil dapat dilakukan dengan lebih cepat dan memudahkan teknisi mengintegrasikan sistem pencetakan bodi maupun perangkat.

Local Motors berencana merilis secara resmi mobil yang rencananya akan menggunakan teknologi dari IBM untuk menghasilkan peningkatan keselamatan ini pada pertengahan tahun 2016 mendatang. Setiap satu buah mobil seri LM3D Swim ini kabarnya akan dibanderol dengan harga Rp723,7 jutaan dan ditargetkan mulai diluncurkan ke pasaran pada awal tahun 2017.

Segera rilis, mobil pertama di dunia yang dicetak dengan printer 3D

(brl/red)