CONNECT WITH US
Erick |
 6 November 2015 18:00

Mirip mainan, Audi bangun mobil hasil 3D printed

Apakah teknologi yang satu ini kelak digunakan untuk semua produk otomotif?

Mirip mainan, Audi bangun mobil hasil 3D printed

Techno.id - Teknologi 3D printing memang bisa digunakan dalam ranah apa saja. Setelah beberapa waktu lalu teknologi ini juga diterapkan pada ponsel, kini pabrikan otomotif ternama kembali menggunakannya untuk membangun kendaraan baru.

Seperti yang telah diberitakan oleh Autoblog pada hari Kamis (05/11/15) lalu, Audi telah membuat sebuah replika mobil balap Silver Arrow, Auto Union Type C buatan tahun 1936. Uniknya, kendaraan replika ini dibuat dengan skala 1:2, hanya setengah dari ukuran sebenarnya.

Tentu saja, kendaraan mini tersebut menggunakan teknologi terkini, sebut saja mesin elektrik serta beberapa fitur seperti yang disematkan pada Audi E-Tron Concept. Dalam proyeknya kali ini, Audi menggandeng VW dalam hal pembuatan body, khususnya yang menggunakan teknologi 3D printing.

Kedua perusahaan mobil yang bermarkas di Jerman ini memang sedang mengembangkan teknologi untuk melebur bubuk logam, entah baja atau aluminium, dan kemudian mencetaknya dengan printer laser 3D yang menghasilkan serat yang lebih kecil serta lebih ringan dibanding rambut manusia.

Apakah nantinya teknologi tersebut bakal digunakan untuk memproduksi massal kendaraan di masa yang akan datang? Kita tunggu saja kejutan berikutnya dari kedua produsen otomotif asal Jerman ini.

 

WHAT TO READ NEXT ?