Rayakan ulang tahun ke-17 dengan berganti logo, ini alasan Google

Rayakan ulang tahun ke-17 dengan berganti logo, ini alasan Google

Techno.id - Seperti diinformasikan sebelumnya, raksasa internet Google baru saja merayakan ulang tahun yang ke-17 pada tanggal 1 September 2015 kemarin dengan memperkenalkan logo dan branding baru.

Dalam blog resminya (01/09), Google mengatakan bahwa logo barunya ini merupakan sebuah cerminan dari karakter yang sederhana, rapi, warna-warni, dan ramah. Namun apakah maknanya hanya itu saja?

"Seperti yang Anda lihat, Google pada awalnya dibangun untuk perangkat desktop. Namun terus diperbarui agar mereka dapat menikmati di banyak perangkat (laptop, smartphone, tablet, smartwatch)," tulis Google.

Artinya, perubahan tren perangkat dari desktop hingga gadget kekinian adalah filosofi Google untuk berganti logo. Tujuannya yakni agar logo khasnya, huruf kapital "G" dapat tampil sempurna di layar terkecil sekalipun.

Di logo barunya, Google tetap mempertahankan tipe font "Sans Serif" dengan warna gabungan biru, merah, kuning, dan hijau. Yang membedakan, logo kali ini terlihat lebih tebal dan sederhana.

Dengan bergantinya logo di ulang tahun yang ke-17 ini, Google tercatat telah mengganti logo sebanyak tujuh kali sejak pertama kali mengudara pada 1998 silam. Google pun mengatakan bahwa pergantian ini tidak akan menjadi yang terakhir.

(brl/red)