Pengguna Android lebih betah akses email via mobile

Pengguna Android lebih betah akses email via mobile

Techno.id - Teknologi membawa dunia pada kemudahan, termasuk kemudahan dalam akses informasi. Email adalah satu layanan informasi yang paling sering diakses. Hal itu dikarenakan pesan elektronik tersebut memuat informasi-informasi pribadi maupun perusahaan yang bersifat rahasia dan privat.

Pada awal 2011 untuk mengakses email, kebanyakan dari pengguna layanan email menggunakan PC desktop dengan jumlah persentase 43%, sedangkan penggunaan perangkat mobile untuk membuka email saat itu hanya sebesar 15% saja, dan 32% sisanya membuka email di perangkat lainnya. Namun, kebiasaan tersebut kian luntur dengan menjamurnya ponsel pintar maupun tablet di pasaran dunia seperti, Samsung Galaxy series, iPhone, iPad, Tablet Galaxy Samsung, dan lain-lain. Hal ini mengakibatkan pada awal 2014 akses terhadap email lebih banyak menggunakan perangkat mobile yakni sebesar 42% dan penggunaan desktop untuk membuka email, mulai turun menjadi 23% saja.

Dikutip dari Email Monday, pengguna smartphone Android adalah yang paling sering menghabiskan waktunya untuk mengakses email dari perangkat mobile. Sekitar 52,99% pengguna smartphone Android menghabiskan waktunya rata-rata 15 detik atau lebih untuk mengakses email baik itu sekedar membaca maupun membalas email dari kolega maupun kerabat. Namun, hal ini berbanding terbalik dengan pengguna iPad yang paling "tidak betah" mengakses email dari perangkat mobile-nya tersebut. Ya, hanya sekitar 43,28% pengguna iPad yang betah mengakses email di perangkat moile-nya tersebut dengan waktu rata-rata sekitar 3 detik saja.

Menggunakan perangkat mobile menjadi pilihan akses internet yang paling populer saat ini dan diperkirakan tren tersebut masih bertahan bahkan kian berkembang tiap tahunnya. Pada tahun 2014 saja akses terhadap email via perangkat mobile mencapai angka 1.152 juta dan diperkirakan akan terus berkembang pada tahun 2015 hingga sebesar 22%.

Nah, jika berdasarkan hasil temuan di atas, apakah Anda juga termasuk dalam salah satu orang yang paling sering mengakses layanan email dari perangkat mobile? Atau malah justru sebaliknya?

(brl/red)