Google akan uji coba mobile-optimized di Indonesia

Google akan uji coba mobile-optimized di Indonesia

Techno.id - Seperti dilansir TechCrunch (01/05/15), hari ini Google mengumumkan bahwa mereka akan melakukan uji coba mobile-optimized untuk hasil pencarian bagi pengguna mobile dengan koneksi lambat. Menariknya, uji coba Google ini rencananya akan dilakukan di Indonesia.

Faktanya, Indonesia adalah sebuah negara di mana internet memainkan peran besar bagi kehidupan masyarakat terutama kalangan muda. Namun Indonesia masih terkendala dengan koneksi internet yang lambat, yakni dengan kecepatan rata-rata hanya sekitar 2,0Mbps saja.

Google mengklaim bahwa uji coba teknologi optimasi halaman ini akan mampu memuat halaman hingga empat kali lebih cepat. Uji coba mobile-optimized Google ini rencananya akan dilakukan selama dua minggu.

Dalam uji cobanya, pada awalnya Google akan mendeteksi pengguna mobile dengan koneksi lambat (seperti jaringan 2G). Setelah berhasil terdeteksi, pengguna mobile tersebut kemudian akan diarahkan ke dalam dua pilihan, yaitu halaman yang telah dioptimasi atau halaman asli tanpa optimasi Google.

Perlu diketahui bahwa uji coba Google ini hanya akan bekerja pada pengguna yang berselancar menggunakan perangkat mobile. Uji coba ini tidak akan bekerja untuk pengguna yang berselancar menggunakan komputer, laptop, atau tablet.

(brl/red)