Google digugat masalah diskriminasi usia

Google digugat masalah diskriminasi usia

Techno.id - Akhir-akhir ini banyak kejadian unik telah menimpa raksasa teknologi Google. Salah satunya adalah seorang pria asal Florida berusia 64 tahun yang mengajukan gugatan ke pengadilan federal terhadap Google karena diduga telah melakukan diskriminasi usia.

Perkara ini bermula ketika pria yang diketahui bernama Robert Heath mengajukan proposal kerja kepada Google pada tahun 2011 silam. Meskipun memiliki kualifikasi ilmu dan pengalaman yang memenuhi syarat, Google menolaknya karena pada saat itu Heath telah berusia 60 tahun.

Dalam proposal kerja yang diajukan, Heath mengincar posisi pengembang perangkat lunak. Hal ini mengacu kepada bakat dan sertifikat yang dimiliki oleh Heath berhubungan dengan embedded system, world wide web, C++, Java, PHP, dan teknologi perangkat lunak lainnya.

Mengetahui Google memiliki karyawan dengan usia rata-rata usia 29 tahun, Heath akhirnya merasa bahwa dirinya telah didiskriminasi usia. Dalam gugatannya, Heath mengklaim bahwa Google tidak mengacu kepada standar kerja yang diberikan oleh Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat.

Menurut data Departemen Tenaga Kerja AS, usia rata-rata pekerja di bidang yang berkaitan dengan komputer adalah 41,1 tahun. Untuk bidang programmer, usia pekerja berada di kisaran 42,8 tahun. Sedangkan bidang pengembang perangkat lunak adalah 40,6 tahun.

Ketika diwawancarai oleh ArsTechnica (26/04/15), Google enggan untuk memberikan komentar banyak. Google hanya mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa perusahaan akan bertindak semaksimal mungkin untuk membela diri.

(brl/red)