CONNECT WITH US
Firli Firlani |
 17 Juli 2015 23:00

Menkominfo sidak persiapan operator komunikasi jelang lebaran

Apa saja yang berhasil di pantau Rudiantara?

Menkominfo sidak persiapan operator komunikasi jelang lebaran

Techno.id - Dilansir oleh Merdeka.com (17/07/15), dikabarkan jika Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, berkesempatan memantau langsung kesiapan beberapa operator telekomunikasi menjelang lebaran tiba, semalam (16/07/15). Beberapa operator yang dikunjunginya yaitu Indosat, XL, Tri, dan Telkomsel.

Pada kunjungannya di pemantauan jaringan XL di kawasan Kota Kasablanka, Jakarta, Rudiantara menyaksikan aktivitas pemantauan jaringan oleh para petugas XL melalui live map BTS yang menjangkau seluruh jalur mudik lengkap dengan kondisi terkini seluruh BTS tersebut, serta Service Quality Management Tools yang akan menunjukkan kegiatan pelanggan hingga tingkat kepuasan pelanggan dalam menggunakan suatu aplikasi. Selain itu, Menkominfo juga sempat berdialog dengan petugas lapangan XL di Tegal, Jawa Tengah yang piket jaga di malam Lebaran.

"Sejauh ini, kenaikan trafik relatif merata di berbagai kota seluruh Jawa. Sementara di luar Jawa, kenaikan trafik yang signifikan biasanya terjadi di Medan, Banjarmasin, Padang dan Makassar, dengan rata-rata kenaikan trafik data di atas 30%. Kenaikan akan terus terjadi saat Idul Fitri yang jatuh 17 Juli 2015 hingga beberapa hari setelahnya saat masyarakat dalam suasana libur panjang," ungkap Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan dikutip dari Merdeka.com.

Hal yang sama juga ketika Menkominfo Rudiantara mengunjungi pusat kendali jaringan milik Tri. Saat itu, Menkominfo ditemani langsung oleh Presiden Direktur Tri Randeep Singh Sekhon beserta jajaran direksi dan tim teknis Tri. Ia mendapatkan penjelasan langsung seputar trafik dan situasi jaringan di ruang monitor secara real trime.

Dikatakan Randeep Singh Sekhon, Tri telah siap menghadapi lonjakan sejak Ramadan hingga puncaknya hari raya esok hari. Sejak H-7 lonjakan trafik seluruh layanan telah terjadi, lonjakan signifikan terjadi mulai H-2 yaitu meningkat 2 kali lipat di semua layanan. Sayangnya, pihaknya tak menjelaskan detail normal trafiknya.

WHAT TO READ NEXT ?