Ini alasan ilmiah mengapa Hulk tidak bisa mengangkat palu Thor

Ini alasan ilmiah mengapa Hulk tidak bisa mengangkat palu Thor

Techno.id - Jika Anda adalah penikmat serial superhero, terutama produksi dari Marvel, Anda pasti tidak asing dengan tokoh bernama Thor. Ya, putra Dewa Odin itu memiliki senjata berupa palu berkekuatan listrik bernama Mjolnir dan bisa menggunakannya dengan sangat baik (bahkan tampak ringan sekali!). Namun, ketika Hulk - karakter Marvel lain yang berbadan besar dan bertenaga luar biasa - mencoba mengangkat palu itu, ia gagal total. Mengapa bisa demikian?

Ditinjau dari kaca mata mitologi Nordik, memang hanya "orang yang terpilih" yang bisa menggunakan Mjolnir; Thor-lah orang yang terpilih itu. Bagi orang yang mempercayainya, dalil itu sudah cukup untuk menjelaskan mengapa orang selain Thor tidak bisa menggunakan Mjolnir. Akan tetapi, kalau Anda tidak puas dengan jawaban itu, sains dapat menjelaskannya secara ringan.

Seorang astrofisikawan dari Planetarium Hayden, Dr. Neil deGrasse Tyson, berspekulasi bahwa Mjolnir bukanlah benda biasa. Sebagaimana dikutip dari Wired, ia berpendapat kalau palu itu terbuat dari bintang neutron. Di alam semesta ini, material tersebut biasa ditemukan di luar lubang hitam. Beratnya pun luar biasa. Kalau saja ada orang yang mampu membawanya ke Bumi, bobotnya ditaksir setara dengan 300 miliar gajah dewasa!

Dengan perhitungan itu, berat Mjolnir diperkirakan mencapai 6 triliun ton!

Memang, argumen yang disampaikan oleh Dr. Tyson belum sepenuhnya benar. Namun jika di dunia fantasi Hulk - mutan berkekuatan fisik yang maha dahsyat itu - saja tidak bisa mengangkat Mjolnir dari tempatnya, teori Dr. Tyson tadi pun menjadi sangat masuk akal. Setujukah Anda?

(brl/red)