Perpustakaan ini menyewakan Ipad untuk para pengunjung

Perpustakaan ini menyewakan Ipad untuk para pengunjung

Techno.id - Ternyata tak hanya buku dan DVD yang sering disewakan. Bahkan, Ipad pun juga disewakan kepada masyarakat. Hal ini ditunjukkan dari kerja sama antara perpustakaan di Universitas Drexel dengan perpustakaan Free Library di Philadelphia yang memperkenalkan mesin sewa Ipad otomatis. Semua mahasiswa dan penduduk di Philadelphia diperbolehkan menggunakan mesin tersebut selama 24 jam.

Siobhan A. Reardon selaku presiden dan direktur Perpustakaan Free Library di Philadelphia mengungkapkan bahwa mesin sewa Ipad tersebut sengaja dihadirkan berkat keberhasilan perpustakaan Free Library membawa akses komputer dan internet ke kampus dan lingkungan Philadelphia.

Bagi warga dan mahasiswa yang ingin meminjam Ipad, mereka harus menyertakan kartu perpustakaan dan kartu mahasiswa. Ipad tersebut dapat dipinjam secara gratis selama 4 jam dan tidak boleh dibawa keluar dari perpustakaan, seperti yang dilaporkan SlashGear (2/04/2015).

Selain itu, pihak perpustakaan telah memilihkan aplikasi yang sesuai untuk melayani kebutuhan masyarakat. Aplikasi pilihan tersebut di antaranya Browzine, Hoopla digital, Mango Languages, Overdrive dan Zinio. Terdapat pula aplikasi lain yang kebanyakan mengeksplor tentang seni, buku cerita digital, permainan, geografi, musik, berita, sains, astronomi, serta edit foto dan video.

Pengguna juga tidak perlu khawatir tentang data pribadi yang disimpan di Ipad karena semua informasi pada Ipad akan terhapus setelah Ipad dikembalikan ke dalam mesin. Diharapkan dengan adanya mesin sewa Ipad, para mahasiswa dan warga setempat dapat memperkaya wawasan mereka.

(brl/red)