Jamur memicu manusia bisa melihat hantu?

Jamur memicu manusia bisa melihat hantu?

Techno.id - Secara kasat mata, hantu memang tidak dapat dilihat. Namun, beberapa orang yang memiliki indera keenam acap kali mengaku mampu melihat hantu dengan mata telanjang. Pendapat ini bertentangan dengan penelitian ilmiah yang dilakukan oleh ilmuwan dari Universitas Clarkson di Postdam, New York.

Para ilmuwan menjelaskan bahwa manusia dapat melihat hantu kemungkinan bukan karena indera keenam tetapi disebabkan oleh paparan jamur beracun. Reaksi kimia yang dikeluarkan oleh jamur beracun memicu otak manusia sehingga memberikan efek halusinasi.

Racun dari jamur yang tersebar melalui udara diklaim ilmuwan mampu mengubah perasaan seseorang. Orang yang terkena paparan jamur beracun, menjadikannya seolah-olah hilang kendali, mereka lebih mudah tersulut emosi dan kesulitan kognitif. Hal ini yang menyebabkan seseorang merasa takut saat berada di gedung-gedung tua yang disinyalir menjadi tempat nyaman jamur beracun dalam berkembang biak.

"Pengalaman orang yang dapat melihat hantu mirip dengan gejala mental atau neurologis yang kerap dialami oleh penderita paparan jamur beracun," kata Profesor Shane Rogers, dari Universitas Clarkson, New York, seperti yang disadur dari DailyMail (2/04/2015).

Penelitian ini dibantu juga oleh paranormal untuk memastikan ada tidaknya hantu pada gedung-gedung tua di New York. Hasil dari pengamatan paranormal akan dibandingkan dengan penelitian dari Rogers untuk membuktikan sebenarnya hantu tersebut tinggal di gedung atau hanya halusinasi seseorang akibat jamur beracun.

(brl/red)