Laporan cuaca di Tiongkok diambil alih oleh robot AI Microsoft

Laporan cuaca di Tiongkok diambil alih oleh robot AI Microsoft

Techno.id - Microsoft telah melebarkan sayap hingga ke teknologi Artificial Intelligence (AI). Teknologi kecerdasan buatanya tersebut sudah merambah ke dunia laporan cuaca. Seperti yang dilaporkan oleh News.softpedia (30/12/2015), Microsoft telah 'memperkerjakan' chatting bot AI bernama Xiaoice untuk membawakan laporan berita prakiraan cuaca di Tiongkok.

Xiaoice mampu melaporkan cuaca harian secara otomatis yang diunduh menggunakan layanan cloud Microsoft. Bahkan, robot AI ini dapat menganalisis data ramalan cuaca dan disajikan langsung kepada penonton di rumah tanpa campur tangan manusia.

"Xiaoice bisa belajar lebih jauh tentang data ramalan cuaca dan struktur cuaca, kemudian dilaporkan melalui acara penyiaran. Xiaoice juga dapat berkomentar secara spontan berdasarkan data ramalan cuaca dengan gaya emosional buatan yang unik," kata Microsoft.

Sebelumnya, Xiaoice hanyalah fitur pendamping pada layanan di Tiongkok, seperti WeChat, Line, dan Weibo. Namun, Microsoft telah mengembangkannya menjadi seorang pembawa acara yang lebih memesona. Saat ini, robot chatting AI dari Microsoft ini ditugaskan untuk melaporkan prakiraan cuaca pada acara Chinese network Dragon.

(brl/red)