Kirigami, sel surya yang mampu ikuti gerak matahari

Kirigami, sel surya yang mampu ikuti gerak matahari

Techno.id - Seperti yang Anda tahu bahwa matahari selalu terbit dari timur ke barat. Bersamaan dengan itu pula, energi matahari diserap sel surya untuk diubah menjadi listrik. Namun, meski energinya dapat dimanfaatkan dengan mudah, pergerakan matahari menyulitkan panel surya untuk menyerap energi secara optimal.

Untung saja, kendala tersebut sudah bisa diatasi oleh ilmuwan asal University of Michigan. Mereka terinspirasi oleh kesenian memotong kertas dari Jepang yaitu Kirigami. Dari Kirigami tersebut para ilmuwan membuat panel surya yang dapat mengikuti gerak matahari, seperti disadur dari Gizmag.

Ilmuwan dari Michigan juga sempat berkonsultasi dengan Matthew Shlian, seniman dari University's School of Art and Design. Keduanya berupaya menciptakan sel surya dengan desain potongan kertas Kirigami.

Setelah desain Kirigami selesai, kini giliran Aaron Lamoureux dan Max Shtein yang mendapat bagian memproduksi lembaran plastik kapton ke dalam bentuk sel surya seutuhnya. Karena dibuat dari bahan kapton, maka sel surya ini menjadi lebih fleksibel.

Uniknya, sayatan atau potongan yang terdapat di Kirigami, ternyata yang berguna untuk menggerakkan sel surya mengikuti sinar matahari. Jadi, mulai sekarang sinar matahari dapat seluruhnya diserap oleh sel surya Kirigami.

Di samping itu, ketika sel surya Kirigami diujicobakan pada musim panas di Arizona, ditemukan bahwa panel Kirigami mampu menghasilkan 36 persen energi lebih banyak daripada panel surya tradisional.

(brl/red)