Pasien kanker ini dapatkan pengganti tulang rusuk dari titanium

Pasien kanker ini dapatkan pengganti tulang rusuk dari titanium

Techno.id - Seorang pria asal Spanyol berusia 54 tahun divonis menderita kanker di dinding dada. Kondisi pria tersebut sungguh mengkhawatirkan. Tak ingin melihat penderitaan terlalu lama, akhirnya ahli bedah dari Rumah Sakit Universitas Salamanca di Spanyol membuat tulang rusuk palsu dari printer 3D.

Tulang rusuk buatan ini sengaja dirancang khusus oleh perusahaan produk bedah dari Melbourne, Australia. Mereka mencoba menciptakan rekontruksi 3D dari dinding dada pasien sehingga ahli bedah bisa merencanakan tulangnya dengan presisi. Kemudian, produsen bedah ini akan merinci anatomi tubuh pasien dengan CAD 3D digital.

Perancang tulang buatan dari Australia ini sudah mengerti betul bahan tulang yang baik untuk pasien. Mereka membangun tulang rusuk buatan tadi dari bahan titanium karena terkenal ringan dan kokoh. Setidaknya, pasien penderita kanker tersebut harus mengucurkan biaya pembuatan tulang rusuk sekitar Rp 18 miliar, seperti yang dikutip dari Engadget (11/9/15).

Pembuatan organ tubuh menggunakan printer 3D ini bukanlah yang pertama kalinya di dunia kedokteran. Namun, untuk tulang rusuk, menjadi yang pertama yang pernah dibuat dan ditanamkan di tubuh manusia.

"Bagian dada ini sangat sulit untuk diciptakan, karena setiap pasien memiliki geometri dan desain yang kompleks," kata CSIRO, lembaga penelitian ilmiah pemerintah Australia yang menawarkan laboratorium untuk pencetakan implan.

Meski terbilang mahal, kini setelah 12 hari pasca operasi, pasien sudah memasuki tahap pemulihan. Hal ini menunjukkan bahwa implan tulang rusuk untuk pasien kanker asal Spanyol terbukti berhasil.

(brl/red)