Jelang MEA, pengusaha online travel santai saja

Jelang MEA, pengusaha online travel santai saja

Techno.id - Masyarakat Ekonomi Asean alias MEA bakal segera diberlakukan pada akhir 2015 ini. Berbagai industri di Tanah Air sudah nampak bersiap menyambut era keterbukaan perekonomian di wilayah Asia Tenggara tersebut.

Alih-alih ikut sibuk menyambut MEA, para pengusaha online travel justru nampak santai menghadapi MEA pada akhir tahun 2015 nanti, Tiket.com misalnya. Gaery Undarsa, Co-founder sekaligus Managing Director Tiket.com menyebutkan jika pemberlakuan MEA pada akhir 2015 nanti buatnya tidak akan terlalu berdampak besar bagi perusahaannya. Menurut Gaery, semenjak ia dan teman-temannya membangun Tiket.com semua sudah dipersiapkan untuk keadaan kompetisi seperti MEA nanti.

"Diberlakukannya MEA sih kita tenang-tenang aja, karena buat kita perubahan nya gak terlalu banyak. Bahkan, mungkin menguntungkan karena akses bebas ditambah lagi kita kan travel," ungkap Gaery seperti dikutip dari Merdeka (28/8/15).

Namun, Gaery masih belum bisa memprediksi seberapa besar keuntungan yang memungkinkan di era MEA nanti. Hanya saja, menurut Gaery siapa saja yang sudah masuk ranah bisnis online maka pertarungan bisnis sudah secara global. Contohnya saja, ia sudah siap jika nanti ketika MEA diberlakukan pesaingnya bisa saja dari perusahaan Rusia yang mengkhususkan pasar travel di Indonesia.

Terlepas dari masalah MEA, Gaery menegaskan bahwa pasar Indonesia sangatlah menarik untuk pemain startup. Posisi tawar Indonesia dibandingkan negara lain menurutnya jauh lebih baik.

"Satu, peluru kita itu, Indonesia the hotest market untuk startup. Maksudnya apa, orang udah tahulah middle class kita itu tumbuh terus tiap tahun, SDM mulai meningkat, ini kan jadi nilai positif kita dibandingkan dengan yang lain. Selain itu, marketnya kita yang mendukung untuk perusahaan Indonesia," tutupnya.

(brl/red)