Begini kondisi terkini startup Indonesia

Begini kondisi terkini startup Indonesia

Techno.id - Perusahaan rintisan atau startup jadi bisnis yang sedang booming di Indonesia. Berbagai kreativitas dan inovasi yang dimiliki orang Indonesia makin terlihat dengan semakin banyaknya perusahaan startup yang bermunculan dari waktu ke waktu di Tanah Air.

Usman Khan Lodi, Group Head Digital Strategy and Investment Indosat mengaku perusahaannya melihat kondisi startup yang hadir di Indonesia semakin baik dari sisi kualitas. Inkubator Ideabox yang digelarnya bersama venture capital Mountain Kejora dianggap cukup mewakili kondisi kualitas startup di Indonesia.

"Kondisi startup di Indonesia sudah semakin baik setiap tahun. Kami melihat dari badge pertama dan kedua secara kualitas semakin baik itu saja sudah bisa dijadikan sebagai indikator. Kami berharap di badge ketiga kualitasnya akan lebih baik lagi," ujarnya kepada tim Techno.id, Rabu (26/08).

Secara gamblang, Usman menyatakan tak hanya di sisi kualitas, peningkatan juga terjadi di sisi jumlah perusahaan rintisan baru yang asal Indonesia. Ia pun membuka peluang bagi startup yang menginginkan inkubasi untuk bergabung di generasi ketiga Ideabox yang sudah mulai dibuka.

"Targetnya di Ideabox badget ketiga akan ada lebih dari 300 perusahaan startup yang mendaftar. Nanti bakal disaring jadi 40 perusahaan yang diundang ke bootcamp di Jakarta bulan Oktober mendatang sekitar sampai empat perusahaan yang masuk program inkubasi sampai pendanaan," imbuh Usman.

Di tahun 2014, Ideabox menghasilkan tujuh perusahaan rintisan dari program generasi kedua yang digelarnya. Hingga kini, alumni Ideabox diklaim masih terus berlanjut sebagai perusahaan mandiri namun tak lepas dari arahan baik Indosat maupun Mountain Kejora.

(brl/red)